Banjir Bercampur Lumpur Genangi Puluhan Rumah di Desa Waitina

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

SANANA – Puluhan rumah di Desa Waitina, Kecamatan Mangoli Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, terendam banjir disertai lumpur.

Banjir disertai lumpur ini disebabkan karena intensitas hujan tinggi sejak pukul 05:00 WIT dan meluapnya sungai Waigafu-Waisenga yang terjadi sekira pukul 07:30 WIT, Sabtu (4/7/2020).

Debit air yang terus meninggi membuat sebagian warga mengungsi ke tempat aman guna menghindari hal yang tidak diinginkan. Kejadian ini tidak sampai menelan korban jiwa. Namun sejumlah warga mengalami kerugian materil jutaan rupiah.

Kepala Desa Waitina, Sirajudin Umasangaji mengungkapkan, tanggul yang dibangun tidak dapat menahan debit air yang terus mengalir karena intensitas hujan yang tinggi.

“Sekitar jam 5 subuh tadi terjadi hujan deras sehingga pukul 7:30 pagi, kali waigafu meluap ke aliran kali waisenga sehingga banjir disertai lumpur. Menggenangi lingkungan Dusun 1, RT01, RT02, dan RT03,” ungkapnya kepada maluttimes.com.

Warga berharap Pemda Kepsul segera melakukan normalisasi sungai tersebut agar tidak terjadi banjir lagi.

“Kita sudah koordinasi dengan pak Bupati kemudian badan penanggulangan bencana daerah dan Dinas PU. Kurang lebih ada 102 rumah yang tergenang banjir. Mudah-mudahan sehari dua ada bantuan dari pemerintah daerah dalam hal ini normalisasi kali sehingga di waktu-waktu besok dan seterusnya tidak ada lagi banjir susulan,” harapnya.

Ia menambahkan, kini Pemerintah Desa bersama tim BPBD Kepsul dibantu warga membersihkan rumah yang tergenang air dengan kondisi alat apa adanya.

“Sementara air sudah mulai surut dan Alhamdulillah masing-masing warga yang rumahnya tergenang air sudah kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan rumah mereka,” pungkasnya.

Pantauan maluttimes.com, banjir juga terjadi di beberapa desa lain seperti Desa Wai’u, Desa Mangoli dan Desa Karamat, namun tak separah di Desa Waitina.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KPU Haltim Rekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Untuk Pilkada 2020

Ming Jul 5 , 2020
SANANA – Puluhan rumah di Desa Waitina, Kecamatan Mangoli Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, terendam banjir disertai lumpur. Banjir disertai lumpur ini disebabkan karena intensitas hujan tinggi sejak pukul 05:00 WIT dan meluapnya sungai Waigafu-Waisenga yang terjadi sekira pukul 07:30 WIT, Sabtu (4/7/2020). Debit air yang terus meninggi […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!