Dampak Covid-19, Pemkot Tikep Kehilangan PAD Rp20 Miliar

Abdul Rasid Fabanyo

TIDORE – Dampak pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Provinsi Maluku Utara, harus kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp20 miliar lebih. Sementara PAD yang terserap hingga pertengahan tahun ini baru Rp21 miliar lebih dari target Rp41 miliar lebih.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tikep, Abdul Rasid Fabanyo mengungkapkan, rasionalisasi PAD tahun ini awalnya sebesar Rp46 miliar lebih. Namun berkurang separuhnya karena pandemi corona.

Ia mengklaim, kondisi itu hampir terjadi di seluruh Indonesia termasuk di Maluku Utara, khususnya di Kota Tikep.

“Dengan berkurang PAD ini, pada aspek lain dikarenakan para rumah makan di Tidore maupun di Loleo, kami belum turun menagi, sebab tidak ada menjual. Selain itu, pajak kita saat ini Rp2 miliar, seperti pajak PBB, BPJS, JKN dan beberapa pajak lain yang memang masih belum mencapai target,” ungkap Rasid, ketika ditemui maluttimes.com, Selasa (23/6/2020).

Menurutnya, pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap ekonomi. Kata dia, seperti terjadi di beberapa pasar yang ada di daratan Halmahera belum bisa lakukan penagihan pajak. Penagihan baru akan dilakukan pasca pandemi corona ini.

“Kalau semua sektor yang jelas dia (pandemi corona) pengaruhi seperti rumah makan. Sampai saat ini, orang belum buka rumah makan dikarenakan dalam kondisi pendemi wabah penyakit virus corona,” pungkasnya.(len/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemdes Wainib Tetapkan Calon Penerima BLT

Sel Jun 23 , 2020
TIDORE – Dampak pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Provinsi Maluku Utara, harus kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp20 miliar lebih. Sementara PAD yang terserap hingga pertengahan tahun ini baru Rp21 miliar lebih dari target Rp41 miliar lebih. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tikep, Abdul Rasid Fabanyo […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!