Tagih Janji Kades Maidi, Warga Kembali Gelar Demo

Folila Maidi saat mendatangi Kantor Desa Maidi, Kecamatan Oba Sealatan
Folila Maidi saat mendatangi Kantor Desa Maidi, Kecamatan Oba Sealatan

TIDORE – Sejumlah warga Desa Maidi, Kecamatan Oba Selatan, Kota Tidore Kepulauan (Tikep) yang mengatasnamakan diri sebagai Forum Peduli Kelangsungan Desa Maidi (Folila Maidi) Senin (22/06/2020) kembali berdemo di depan kantor desa setempat.

Mereka menagih janji pemerintah desa atas 7 poin kesepakatan bersama usai demo masa aksi Folila Maidi beberapa bulan lalu.

Bacaan Lainnya

Ketujuh poin dimaksud yakni, pertama, perihal penyaluran BLT sebelum tanggal 24 (Sesuai Instruksi Menteri Desa PDT No 1 Tahun 2020) dengan menunggu pencairan anggaran. Kedua, membantu masyarakat membuat KTP dan KK. Ketiga, memberikan kejelasan terkait pengelolaan BUMDes. Keempat, memberikan transparansi anggaran yang bersumber dari DD dengan ADD. Kelima, mengeluarkan maklumat kepala desa terkait larangan pemeriksaan penumpang kapal laut di pelabuhan laut Maidi. Keenam, memberikan Format RPJMDes Maidi tahun 2020 dan ketujuh, memberikan data penerima BLT kepada FOLILA Maidi untuk dikawal.

“Kami pada saat datang di kantor Desa Maidi, disambut oleh pihak aparat desa Maidi dengan mencekik leher saya. Padahal kami datang dengan baik-baik serta sudah mengikuti prosedur administrasi pada tanggal 8 Juni 2020 lalu, namun tidak ditindaklanjuti dari pihak Pemdes,” tutur Julfikar dengan nada kesal.

Julfikar pun menegaskan, jika 7 poin tuntutan pihaknya diabaikan maka pihaknya akan menempuh jalur hukum alias mempidanakan pemerintah desa.

“Untuk itu kami tetap konsisten mengawal kebijakan Desa Maidi agar segera penuhi ketujuh poin yang telah disepakati dari awal, bila tidak kami akan menempuh jalur hukum,” tegasnya.(len/red)

Pos terkait