Yayasan The Tebings Luncurkan Website

Launching website Yayawan The Tebings
Acara launching website Yayasan The Tebings

TERNATE – Sebagai upaya mendukung pemerintah dalam pemajuan kebudayaan, Yayasan The Tebings yang diketuai Safrudin Abdulrahman, S.Sos., M.A, resmi meluncurkan website sebagai sarana informasi publik.

Acara peluncuran website ini berlangsung di Kantor Yayasan The Tebings, Perumahan Griya Majang Asri Blok B No. 1, Kelurahan Ngade, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Sabtu (13/6/2020), sekira pukul 19:30 WIT. Turut hadir Ketua Dewan Pendiri Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum., bersama pengurus lainnya.

Bacaan Lainnya

“Kami mengharapkan kerjasama yayasan ini dapat menjangkau berbagai pihak.,” ujar Ridha Ajam kepada maluttimes.com.

Lanjutnya, selain memperkenalkan yayasan secara lebih dekat kepada berbagai pihak, melalui website ini diharapkan segala aktivitas dan kegiatan dapat terpublikasi seperti penelitian baik yang pernah, sedang, maupun yang rencananya akan dikerjakan. Karena itu saya mengajak kepada khalayak, khususnya akademisi, peneliti, guru, komunitas, praktisi, pegiat dan mahasiswa yang ingin mendalami Kebudayaan di Maluku Utara dapat mengunjungi https://www.yayasanthetebings.com/ yang baru saja diluncurkan itu.

“Kami fokus pada masyarakat dan budaya di Maluku Utara. Tidak hanya di tataran ide, melainkan juga aksi-aksi nyata yang berkaitan dengan implementasi UU No 5 Tahun 2017 yang berhubungan dengan Pemajuan Kebudayaan,” katanya.

“Langkah nyata yang dilakukan, setidaknya telah menghasilkan buku Muatan Lokal (Mulok), buku Cerita Rakyat, Kamus, dan dokumen Pokok Pikiran Kebudayaan (PPKD),” sambung dia.

Ridha menambahkan, Hasil kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Tengah, Kabupaten Pulau Morotai, dan Kabupaten Pulau Taliabu, The Tebings juga ikut mendukung upaya kelompok komunitas, pemerhati dan pegiat Budaya yang ingin bekerjasama mengembangkan kebudayaan dalam tataran praktis.

“Kami optimistis dapat terus bersinergi dengan berbagai pihak. Menjadi media terbuka untuk membuka diri dan saling berinteraksi dengan masyarakat luas,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Harian Yayasan The Tebings, Safrudin Abdulrahman juga menyampaikan, gagasan untuk membuat laman ini sebagai bentuk nyata lembaga merespons perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

“Ini adalah era, yang mana kita tidak bisa mengelak dari serbuan berbagai informasi, data dapat diakses kapan dan di mana pun. Asalkan ada jaringan internet,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Ketua Program Studi Antropologi Sosial di FIB Unkhair ini.

Selain itu, sebagai bagian dari masyarakat global, The Tebings ingin berinteraksi dengan masyarakat luas dari berbagai belahan bumi.

“The Tebings ingin menjadi bagian dari penyedia informasi dan data masyarakat global. Meski fokus utama kami tetap pada masyarakat dan kebudayaan di Maluku Utara,” pungkasnya.(tim/red)

Pos terkait