FTJ 2020 Ditunda, Anggarannya Dialihkan Untuk Penanganan Covid-19

Syahril Abduradjak

JAILOLO – Pelaksanaan event Festival Teluk Jailolo (FTJ) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Tahun 2020 resmi ditunda.

FTJ yang ke-12 ini sedianya akan dilaksanakan pada 8-13 Juni tahun ini terpaksa ditunda karena saat ini Indonesia termasuk sebagai Negara darurat akibat penyebaran wabah corona virus disease 2019 (Covid-19).

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia Pelaksana FTJ, Syahril Abduradjak mengatakan, penundaan ini merujuk pada tindaklanjut instruksi presiden terkait darurat Covid-19, edaran Menteri Pariwisata (Penpar) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) nomor 1 tahun 2020, perihal himbauan pencegahan Covid-19, keputusan kepala BNNP serta Surat Edaran (SE) Bupati Halbar nomor 443/247/2020, perihal penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Maka semua anggaran pelaksanaan FTJ yang telah dialokasikan sebesar Rp. 300 juta dialihkan untuk penanganan Covid-19. Saat ini semua warga menghadapi penyebaran Covid-19, sehingga kita putuskan untuk menunda pelaksanaan FTJ tahun ini,” ungkapnya kepada wartawan, Jumat (5/6/2020).

Penundaan event ini bukan hanya terjadi di Kabupaten Halbar tetapi juga di seluruh Dunia menghentikan aktifitas yang membuat kerumunan.

”Kita akan liaht perkembangan selanjutnya. Jika penyebaran virus telah berakhir di bulan ini maka FTJ bisa dilaksanakan Juli nanti,” ujarnya.

Sekda Halbar ini berharap, meski FTJ tidak jadi dilaksanakan, namun pendukung seperti para pengusaha jasa pariwisata, seniman, budayawan, masyarakat adat, serta para tokoh di Halbar bisa menjaga keberagaman budaya, potensi alam dan lingkungan dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

”Mari kita semua panjatkan doa, agar negeri ini cepat terbebas dari wabah ini, agar masyarakat kembali melaksanakan aktifitasnya seperti biasa,” harapnya.(ms/all)

Pos terkait