DPRD Minta Pemkot Tikep Percepat Usulan Sekkot Definitif

Ahmad Ishak
Ahmad Ishak

TIDORE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) meminta Pemerintah Kota Tikep segera menyiapkan Sekretaris Kota (Sekkot) Tikep definitif. Hal ini harus segera dilakukan untuk kepentingan pemerintah dalam mengambil kebijakan.

Permintaan ini disampaikan langsung oleh Ketua DPRD Kota Tikep, Ahmad Ishak, melalui rapat terbatas yang diselenggarakan pada, Rabu (3/6/2020). Ia meminta Pemkot Tikep secepatnya mengusulkan Sekkot definitif  untuk menjalani tes Assesmen.

Bacaan Lainnya

“Sementara ini, Plt Sekretaris Kota adalah ibu Kartini Elake. Mengingat kebijakan yang diambil oleh Wakil Wali Kota adalah harus sesuai dengan peraturan yang berlaku maka dari itu, perlu ada pendelegasian kewenangan dari Wali Kota kepada Wakil Walikota agar supaya kebijakan yang diambil oleh Wakil Walikota ada dasar hukumnya,” katanya kepada wartawan usai rapat.

Sebagaimana yang tertuang dalam Permendagri maupun Kepres, Pemerintah Daerah berkawajiban melelang jabatan untuk posisi Sekkot. “Kalau tiga bulan kedepan pejabat definitif belum diusulkan maka Gubernur berhak menunjuk pelaksana tugas dari Eslon II Provinsi,” katanya.

Ia menambahkan, menghadapi kondisi Walikota Tikep Capt. Ali Ibrahim dimasa pemulihan akibat terpapar Covid-19 tentu aktifitas akan terhambat. “Untuk itu, dengan kondisi Kota Tidore saat ini, dengan wabah dan duka Kota Tikep, diharapakan  DPRD dan Pemerintah Daerah tetap bersinerji untuk bersama-sama memutuskan mata rantai Covid-19,” harapnya.

Sekedar untuk diketahui, Asisten III Bidang Administrasi Kota Tikep Kartini Elake saat ini ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekkot Tikep.(len/red)

 

Pos terkait