Pemuda Afa-afa Bentuk Tim Relawan Tanggap Covid-19

TIDORE – Pemuda Kelurahan Afa-afa, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan (Tikep) berisiatif membentuk tim relawan tanggap penyebaran wabah corona virus atau Covid-19.

Selain bentuk tim relawan, para pemuda ini juga intes melakukan sosialisasi langkah-langkah pencegahan Covid-19 di kelurahan setempat.

Pembentukan tim relawan dilakukan melalui musyawarah pemuda, di pandu oleh  Mansyur Djamal didampingi Bahtiar Mahifa, Senin (4/5/2020) malam. Kegiatan ini digagas dengan tema, ”Jaga kampung dari koro”.

Menurut Mansyur Djamal, langlah pencegahan Covid-19 yang di ambil oleh pemerintah kelurahan harus melibatkan warga guna menekan penyebaran corona virus.

“Tujuaannya menjaga kampung, sesungguhnya mencegah masuknya virus corona, memutuskan penularan/penyebaran virus corona, dan menekan angka pasien positif corona,” uajrnya.

Lajutnya, dengan melibatkan warga paling tidak bisa menciptakan rasa nyaman dan tentram bagi warga sendiri dari penularan Covid-19. Selain itu, ada soldaritas dan kekompakan warga dalam mewujudkan kampung yang bersih dari ancaman penyebaran Covid-19.

“Jadi filosofi penyebaran Virus Corona itu, dari, oleh, dan untuk menusia. Kalau pemuda di kampung Af-afa cinta akan kampung ini maupun bibi-bibi, papa-papa, mama-mama, tete-nenek harus ada inovasi. Paling tidak, ada gerakan sadar melalui membentuk gugus tugas di kampung untuk sama-sama jaga kampung dengan mendata semua orang yang masuk di kampung Afa-afa,” katanya.

Hal senada juga diutarakan oleh Bahtiar Mahifa. Menurut dia, bagi mahaiswa yang datang dari luar Maluku Utara harus didata sedemikian mungkin.

“Bukan hanya itu, mereka juga akan diberikan tempat khusus, demi melakukan karantina mandiri. Tentu itu dipertgas lagi terkait dengan warga, terutama sopir angkot dan ibu-ibu harus memakai masker hendak berpergian ke pasar,” katanya.

“Dan juga membuat tempat cuci tangan di masing-masing rumah dengan tujuan agar, selalu mencuci tangan karena ditakutkan mengalami gejala demam, flu, dan sesak nafas. Jadi bagi warga yang mengalami hal demikian, secepatnya melaporkan ke tim satgas kelurahan,” sambungnya.

Terpisah, Kepala Kelurahan Afa-afa, Amran, ketika ditemui maluttimes.com mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh para pemuda setempat.

“Salah satunya, teman-teman pemuda, yang pastinya punya kemampuan untuk berinovasi melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga, menutup akses pintu masuk kampung maunpun mendata para pendatang dari luar. Ini penting, sebagai langkah dan gagasan antisipasi penularan terhadap warga di kampung,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda Kelurahan Afa-afa, Mustamin Hamid juga menambahkan,”torang (kita) harus gerakan dan menjadi kekuatan di kampung ini, demi menyalamatkan warga dan kita semua dari bahaya penyebaran virus corona. Untuk itu, langkah selanjutnya, dari pemuda Afa-afa akan secepatnya membentuk tim relawan di kampung. Karena ini tentang penyalamatan bagi orang tua-tua di kampung maupun kampung secara keselurahan,” ucapnya.(len/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sekda Halbar Apresiasi Kinerja Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Loloda

Sel Mei 5 , 2020
TIDORE – Pemuda Kelurahan Afa-afa, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan (Tikep) berisiatif membentuk tim relawan tanggap penyebaran wabah corona virus atau Covid-19. Selain bentuk tim relawan, para pemuda ini juga intes melakukan sosialisasi langkah-langkah pencegahan Covid-19 di kelurahan setempat. Pembentukan tim relawan dilakukan melalui musyawarah pemuda, di pandu oleh […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!