Selasa, Oktober 26, 2021
Home > MALUT > Halmahera Barat > Pemkab Halbar Siapkan Rusun ASN untuk Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Pemkab Halbar Siapkan Rusun ASN untuk Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Rusun ASN Kabupaten Halbar

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) menyiapkan rencana pengalihfungsian sementara rumah susun (Rusun) yang seharusnya untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi tempat karantina pasien berstatus pelaku perjalanan, OTG dan ODP corona virus disease 2019 atau Covid-19).

Sekretaris Daerah (Sekda) Halbar, Syahril Abduradjak menyampaikan, Rusun yang saat ini ditempati oleh ASN di Desa Acango, Kecamatan Jailolo itu berkapasitas 90 kamar. Sehingga , sesuai dengan skema tim satuan gugus tugas (Satgus) penanganan pencegahan Covid-19 maka, akan dijadikan tempat isolasi bagi warga yang berstatus pelaku perjalanan OTG dan ODP.

“Jadi besok akan dilakukan rapat bersama ketua Satgus untuk menetapkan Rusun sebagai tempat isolasi. Untuk itu ASN yang saat ini menempati Rusun diminta untuk dikosongkan sementara waktu dalam masa penanganan mewabahnya Covid-19,” katanya kepada wartawan di Kantor Bupati Halbar, Selasa (21/4/2020).

Mantan Kadis Keuangan Pemkab Halbar ini mengemukakan, Rusun itu sudah mulai diberlakukan sebagai tempat karantina yakni, akan ditempati oleh tenaga medis penanganan Covid-19 dan warga yang melakukan karantina mandiri.

“Jadi kalau sudah dikosongkan, maka yang tempati Rusun hanya tenaga medis yang akan merawat warga yang melakukan isolasi mandiri di Rusun,” cetusnya.

Ia menambahkan, jika Rusun tersebut over kapasitas maka akan dibackup oleh beberapa penginapan untuk dijadikan tempat isolasi, sehingga cukup menampung warga yang melakukan karantina.

“Sesuai skema, ada juga sejumlah penginapan yang akan digunakan untuk tempat karantina, namun semua itu nanti diputuskan pada rapat besok,” tandasnya.(ms/all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!