Satu Pasien Berstatus ODP di Halbar Meninggal, Kapolres Pimpin Pemakaman

Prosesi pemakaman jenazah pasien ODP yang dipimpin langsung oleh Kapolre Halbar. AKBP Aditya Laksimada

JAILOLO – Satu pasien berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) meninggal dunia di RSUD Jailolo, Kabupaten Halbahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara, Senin (20/04/2020).

Informasi yang dihimpun maluttimes.com menyebutkan, pasien perempuan 64 tahun ini diketahui memiliki riwayat kontak erat dengan cucunya yang baru dari Surabaya sebulan lalu, salah satu daerah yang ditetapkan sebagai zona merah Covid-19.

Pasien asal Kecamatan Jailolo ini dilarikan ke RSUD sekitar pukul 06:00 WIT pagi karena sesak nafas. Pasien menjalani pemeriksaan di UGD sebelum akhirnya meninggal pada pukul 08:30 WIT. Jenazah pasien kemudian dimakamkan pukul 14:30 WIT siang.

Direktur RSUD Jailolo, dr. Syafrullah Radjiloen menjelaskan, pasien berinisial SR ini berstatus ODP. Oleh karena itu, prosedur pemakaman mengikuti prosedur tetap penanganan Covid-19 atau Protap.

“Setelah pasien dinyatakan meninggal, pihak RSUD langsung berkoordinasi dengan camat serta keluarga almarhumah, diputuskan bahwa almarhumah dimakamkan di Desa Guaemaadu, karena keluarga almarhumah ada di Guaemaadu,” ungkap Syafrullah ketika memberi penjelasan kepada keluarga almarhumah yang disaksikan Camat Jailolo dan Kapolres Halbar, AKB Aditya Laksimada.

Syafrullah mengemukakan, warga yang melakukan karantina mandiri ialah mereka yang berstatus OTG, ODP dan PDP serta memiliki riwayat kontak dengan keluarga dari daerah terpapar atau baru tiba dari daerah zona merah.

“Karena itu, jika warga dengan status OTG, ODP dan PDP meninggal dunia maka pemakaman tetap menggunakan protap Covid-19,” cetusnya.

Ia menambahkan, prosesi pemakaman pasien ODP Covid-19 pun diiringi tangisan histeris keluarga saat petugas hendak memakamkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhir.

“Pemakaman tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Halbar AKB Aditya Laksimada serta lima anggotanya dengan menggunakan APD lengkap,” pungkasnya.(ms/all)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

UPTB Samsat Halbar: Denda PKB Dihapus Selama Darurat Corona

Sen Apr 20 , 2020
JAILOLO – Satu pasien berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) meninggal dunia di RSUD Jailolo, Kabupaten Halbahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara, Senin (20/04/2020). Informasi yang dihimpun maluttimes.com menyebutkan, pasien perempuan 64 tahun ini diketahui memiliki riwayat kontak erat dengan cucunya yang baru dari Surabaya sebulan lalu, salah satu daerah yang […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!