Selasa, Oktober 26, 2021
Home > MALUT > Kota Tidore > Operasi Ferry Rute Bastiong-Galala-Dowora Segera Diaktifkan Kembali

Operasi Ferry Rute Bastiong-Galala-Dowora Segera Diaktifkan Kembali

Daud Muhammad

TIDORE – Jalur operasi kapal ferry dengan rute pelabuhan Bastiong Ternate – Galala dan Dowora, Kota Tidore Kepulauan (Tikep) segera diaktifkan kembali.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Daud Muhammad, saat dikonfirmasi maluttimes.com, Kamis (16/4/2020) menjelaskan, pengoperasian ini akan dilaksanakan pada 19-21 April 2020 mendatang setelah proses perbaikan lencengan sisi laut pelabuhan Galala dinyatakan selesai.

“Kalau berkaitan dengan kapal yang baru sandar, diijinkan kendaraan yang naik hanya dari golongan 1 sampai 4. Setelah dari tiga hari itu, maka sudah pasti diijinkan untuk melakukan pengangkutan golongan yang lain,” katanya.

Pembatasan muatan maksimal 20 ton itu untuk menjaga keseimbangan dalam proses pengocoran lencengan sisi laut, sebab baru sebatas uji coba.

“Misalnya, kita lihat lewat dari 3 hari itu dan perkembangannya sudah bisa mengangkut muatan yang lebih dari golongan 5 maka tentu kapasitas muatan dipastikan sudah bisa lebih dari itu. Bukan hanya itu, untuk alat-alat berat, kita belum bisa diijinkan dinaikan ke dalam fery, menunggu hingga 3-4 bulan ke depan,” katanya.

Daud menambahkan, pengaktifan kapal ferry ini dibatasi sementara waktu sisi darat sebab, anggaran DAK senilai 1,9 miliar diahlikan untuk penanganan Covid-19 di Kota Tikep.

“Mudah-mudahan masyarakat bisa menikmati lencengan kapal ferry yang sudah diperbaiki,” pungkasnya.(len/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!