Hasil Rapid Test Corona, 8 Warga Tidore dirujuk ke RSUD Chasan Boesoirie Ternate

Konferensi pers tim Satgus Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Tikep

TIDORE – Tim satuan gugus (Satgus) percepatan penanganan Covid-19 Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Provinsi Maluku Utara (Malut) merujuk 8 pasien ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoirie Ternate, Rabu (15/4/2020) siang.

Tim Satgus menjelaskan, ke-8 pasien tersebut adalah warga Kota Tikep. Berdasarkan hasil rapid tes reaktif Covid-19 dan berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

“Dan ada 5 orang lainnya dinyatakan orang tanpa gejala atau OTG. Oleh karenanya, tim satuan gugus Kota Tidore Kepulauan saat ini sudah merujuk sebanyak 15 orang,” ungkap Juru Bicara Satgus percepatan penanganan Covid-19 Kota Tikep, Saiful Ismail didampingi Kabag Humas Pemkot Tikep, Azis Hada, dalam konferensi pers, Rabu sore.

Saiful menerangkan, tim gugus tugas Pemkot Tikep setelah melakukan rapit test terhadap 107 orang dan hasilnya, sebanyak 92 orang non reaktif, sedangakn 8 orang reaktif.

BACA JUGA: Bertambah, Kini Ada 2 Warga Tidore Terkonfirmasi Positif Corona

“Hasil rapid test pertama hasilnya non reaktif, tetapi setelah hasil rapid test kedua, 8 orang tersebut hasilnya reaktif sehingga dirujuk ke RS Chasan Boesoirie Ternate untuk pengambilan spesimen Sweb Test untuk mencari tahu hasil lanjutan dari 8 orang tersebut,” terang Saiful.

Berdasarkan riyawat perjalanan, kata Saiful, para pasien ini dari Bandung-Surabaya- Ternate. Setibanya di Ternate, kemudian menggunakan mobil menuju pelabuhan Ferry Bastiong lanjut ke Tidore.

“Jadi mereka 8 orang dan 5 orang itu, ketika dari Ternate menuju Tidore langsung dari tim satgus lakukan karantina, bertempat di eks rumah Walikota,” katanya.

BACA JUGA: Kabar Baik, Pasien 02 Positif Corona di Malut Dinyatakan Sembuh

Saiful menambahkan, lebih khusus para pelaku perjalanan dari daerah terpapar Covid-19 maka harus mengikuti arahan protokol tim Satgus Covid-19.

“Jadi jika ada masyarakat kita yang mendapat informasi pelaku isolasi menadiri di rumah mendapat gejala, secapatnya menghungi petugas medis rumah sakit ataupun ke puskesmas terdekat,” pungkasnya.

“Saya berharap, agar masyarakat Kota Tikep untuk tidak panik, namun tetap waspada sesuai dengan anjuran menggunakan masker saat keluar rumah, jaga jarak, dan cuci tangan setiap saat,” harapnya mengakhiri.(len/red)

Sumber: Tim Satgus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tikep

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jaksa Periksa 15 Saksi Usut Kasus Pembangunan Gedung Malaria Center di Halbar

Rab Apr 15 , 2020
TIDORE – Tim satuan gugus (Satgus) percepatan penanganan Covid-19 Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Provinsi Maluku Utara (Malut) merujuk 8 pasien ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoirie Ternate, Rabu (15/4/2020) siang. Tim Satgus menjelaskan, ke-8 pasien tersebut adalah warga Kota Tikep. Berdasarkan hasil rapid tes reaktif Covid-19 dan berstatus […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!