Meninggal Dengan Gejala Mirip Covid-19, Satu Warga Tidore dimakamkan Secara Khusus


TIDORE – Satu pasien di RSUD Tidore Kepulauan (Tikep) dikabarkan meninggal dunia dengan gejala mirip Covid-19.

Pasien yang juga warga asal Kecamatan Tidore Timur, Kota Tikep, berjenis kelamin perempuan dengan usia 45 tahun itu menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 15.00 WIT, Jumat (10/04/2020).

Sebelumnya pasien yang enggan diekspos identitasnya ini dikabarkan masuk berobat pada tanggal 9 April 2020 malam lalu, dengan keluhan sesak nafas, demam disertai batuk. Pasien tersebut setelah diagnosa ditemukan ada gejala yang hubungannya erat dengan kasus Covid-19.

Hal itu, membuat pihak RSUD Kota Tikep menulusuri riwayat pasien tersebut untuk melakukan rapid test pasien itu mengalami infeksi berat di bagian paru-paru.

“Hasil laboratorium, infeksi itu dua kali lipat dari normal,” kata dr. Fazrisal Maradjabesy, Direktur RSUD Kota Tikep kepada maluttimes.com saat menggelar konferensi pers, Sabtu (11/4/2020).

Kemudian pihak RSUD Tikep berkonsultasi dengan RSUD Chasan Boesoerie Ternate bahwa pasien asal Tidore ini tidak ada riwayat perjalanan dan belum masuk kriteria PDP.

Menurutnya, sebagaimana informasi bahwa pasien memang dikabarkan mempunyai anak yang baru datang dari Bandung dan melakukan isolasi mandiri di rumah. Dan sesuai hasil rapid test terhadap anak itu dinyatakan negatif.

Selanjutnya atas meninggalnya pasien ini sebagai langkah pencegahan dan berdasarkan hasil mufakat pihak RSUD dengan keluarga pasien, bahwa suami pasien diijinkan masuk dengan peralatan APD lengkap untuk melihat istrinya. Jenazah pasien ini pun ditayamun dan kemudian disolatkan di ruang isolasi oleh petugas medis.

“Pasien meninggal pada pukul 15.00 WIT setelah dirawat oleh tim ahli pengendali infeksi rumah sakit. Bahwa sesuai dengan kesimpulan, pasien tersebut dimakamkan dengan cara prosedur Covid-19,” kata Fahrizal.

Dalam conferensi pers, hadir pula Azis Hadad, Kabag Humas Setda Kota Tikep, dr. Farizal Maradjabesy, Direktur RSUD Kota Tikep, dr. Abdulah Maradjabesy, dan Saiful Ismail, Juru Bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Tikep.(len/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Rapat Pembahasan Anggaran Penanganan Covid-19 DPRD Tikep di Skorsing, ini Penyebabnya

Sen Apr 13 , 2020
TIDORE – Satu pasien di RSUD Tidore Kepulauan (Tikep) dikabarkan meninggal dunia dengan gejala mirip Covid-19. Pasien yang juga warga asal Kecamatan Tidore Timur, Kota Tikep, berjenis kelamin perempuan dengan usia 45 tahun itu menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 15.00 WIT, Jumat (10/04/2020). Sebelumnya pasien yang enggan diekspos identitasnya ini […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!