Lawan Penyebaran Corona, 19 Crew KM Nusantara 3 dari Surabaya Jalani Pemeriksaan Suhu Tubuh

Penyemprotan cairan disinfektan di KM Nusantara 3

JAILOLO – Sebanyak 19 orang crew KM Nusantara 3 menjalani pemeriksaan suhu tubuh saat tiba di pelabuhan Tol Laut, Desa Matui, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Kamis (9/4/2020).

Selain pemeriksaan suhu tubuh, kapal KM Nusantara 3 juga disemprot cairan disinfektan oleh petugas Kantor Unit Penyelenggaran Pelabuhan (KUPP) Kelas II Jailolo, bekerja sama dengan Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP), Tim Satuan Tugas (Satgus) penanganan Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Polres Halbar.

Penyemprotan ini dalam rangka untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Pasalanya, kapal logistik tersebut baru dari Surabaya, salah satu daerah yang terpapar Covid-19.

“Penyemprotan disinfektan yang dilakukan di kapal tol laut, karena crew kapal berasal dari daerah (Surabaya) yang terpapar Covid-19, sehingga saat kapal tiba di pelabuhan Matui, tim langsung melakukan pemeriksaan suhu tubu crew kapal dan penyemprotan cairan disinfektan di kapal untuk mensterilkan penyebaran Covid-19,” ungkap Rahman Soamole, Kepala KUPP Kelas II Jailolo kepada wartawan.

Rahman menjelaskan, sesuai protap tim Satgus, tiap warga yang baru tiba dari daerah terpapar Covid-19 harus dilakukan karantina mandiri selama 14 hari. Sehingga itu para crew KM Nusantara 3 selama berada di Jailolo tidak bisa berkeliaran alias berdiam diri di kapal.

“Setelah diperiksa, kondisi kesehatan seluruh crew kapal dalam kondisi normal. Namun sesuai protap harus dilakukan karantina mandiri. Sehingga crew kapal tidak bisa berkeliar dan tetap berdiam diri di kapal atau areal pelabuhan,” jelasnya.

Terpisah, Sekretaris Tim Satgus Covid-19 Halbar, Imran Lolori ketika dikonfirmasi menyampaikan, saat ini penyebaran Covid-19 di Indonesia sudah mulai meluas. Sehingga siapa saja yang baru tiba dari zona merah atau daerah yang sudah terpapar corona virus harus dilakukan pemeriksaan kesehatan dan langsung melakukan karantina secara mandiri.

“Semua instansi terkait memiliki tujuan yang sama yakni memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Olehnya itu, kami berharap masyarakat juga turut terlibat melakukan pencegahan corona virus dengan cara berdiam diri di rumah sesuai anjuran pemerintah,” imbuhnya.(ms/all)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Wakil Rakyat Asma Ismail Bagi Sembako dan Masker ke Warga Kurang Mampu

Kam Apr 9 , 2020
JAILOLO – Sebanyak 19 orang crew KM Nusantara 3 menjalani pemeriksaan suhu tubuh saat tiba di pelabuhan Tol Laut, Desa Matui, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Kamis (9/4/2020). Selain pemeriksaan suhu tubuh, kapal KM Nusantara 3 juga disemprot cairan disinfektan oleh petugas Kantor Unit Penyelenggaran Pelabuhan (KUPP) Kelas II […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!