Rabu, Oktober 27, 2021
Home > HUKRIM > Usut Dugaan Korupsi, Jaksa Periksa Kadis DLH Tikep

Usut Dugaan Korupsi, Jaksa Periksa Kadis DLH Tikep

Kadis DLH Tikep, Nurbaity Fabanyo, saat menjalani pemeriksaan oleh tim penyidik di Ruang Kasi Pidsus Kejari Soasio. (Foto: Mansyur)

TIDORE – Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Soasio, Kota Tidore Kepulauan (Tikep), melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tikep, Nurbaity Fabanyo, Kamis (2/4/2020).

Pemeriksaan ini terkait dugaan korupsi anggaran persampahan sebesar Rp 3 miliar yang diplot dari ABPD Kota Tidore Kepulauan tahun 2018.

Dalam kasus ini, sebelumnya penyidik telah memeriksa Kepal Bidang dan Kepala Seksi di lingkup DLH Tikep, Pemilik Depot maupun supir truk sampah beberapa hari lalu.

Kasi Pidsus Kejari Soasio, Prima Poluakan, ketika dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya membenarkan adanya pemeriksaan Kepala DLH Tikep tersebut. Menurutnya, kasus tersebut terindikasi merugikan keuangan Negara.

“Makanya kadis kami panggil untuk memberikan keterangan. Kadis DLH,, ibu Nurbaity Fabanyo hingga saat ini baru satu kali diperiksa dengan pemeriksaan saksi sekitar 21 saksi. Pemeriksaan bertempat di ruang Kasi Pidsus,”  ungkapnya.

Lanjut Prima, pemeriksaan Kepala DLH dimulai dari pukul 09:00 – 15:00 WIT, dicecar sebanyak 25 pertanyaan seputar pengelolaan anggaran persampahan.

“Selesai pemeriksaan ini, kami akan menyurat ke BPKP untuk melakukan perhitungan kerugian Negara. Sebab, kami tidak memiliki kapasitas perhitungan kerugian Negara. Memang, untuk menghitung kerugian Negara kami serahkan ke BPKP,” tandasnya.

“Insyah allah besok, Jumat, 3 April 2020 atau beberapa hari ke depan, Kejari Soasio akan melakukan ekspos pekara terkait dengan dugaan korupsi anggaran persampahan di DLH, untuk mencari tahu berapa jumlah kerugian Negara,” samungnya mengakhiri.(len/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!