Fraksi Golkar Minta Pemda Halbar Perjelas RKA Penanganan Covid-19

Joko Ahadi

JAILOLO – Fraksi Golkar di DPRD Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) meminta Pemda untuk memperjelas Rancangan Kerja Anggara (RKA) Penanganan Covid-19 yang center diwacanakan.

Fraksi Golkar menilai, wacana RKA untuk penagnanan Covid-19 senilai Rp.15 miliar itu nampak tak jelas. Pasalnya, hingga saat ini RKA terkait item-item anggaran tersebut belum juga diserahkan oleh Pemda ke DPRD,

“Kami merasa ini hanya sebatas wacana yang tidak pasti. Karena sampai saat ini kami dari Fraksi Golkar belum tau apa-apa saja yang akan di ploting dalam anggaran tersebut,” kata Joko Ahadi, Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Halbar, kepada maluttimes.com, Rabu (1/4/2020).

Menurut dia, harusnya Pmeda sudah merincihkan belanja untuk penanganan Covid-19 sehingga tidak membingungkan publik,

“Sampai saat ini kan, RKA belum diserahkan ke kami (DPRD), bagaimana kami mau jelaskan ke masyarakat bahwa anggaran ini diharuskan dengan senilai itu. Jangan asal bicara kalau RKA-nya belum di bahas. Ini mecelakakan kami selaku wakil rakyat,” cetusnya.

Joko menilai, Pemda Halbar belum bgeitu serius menyiapkan fasilitas dan tenaga medis yang dibutuhkan dalam mengantisipasi tingkat aktifitas orang, terutama di pintu masuk-keluar wilayah Halbar baik darat maupun laut..

“Memang betul saat ini tenaga medis dan fasilitas medis suda disiapkan untuk sementara, namun dari aspek kelayakannya tidak terlalu terlindungi bagi mereka dan masyarakatpun tidak terlalu terlayani secara masal dalam fasilitas kesehatan seperti APD, masker, hand sanitizer dan antiseptik,” katanya.

Joko meminta agar Pemda Halbar harus terbuka melalui DPRD selaku wakil rakyat, “Jadi ini bukan main-main, harus terbuka ke masyarakat terkait belanja kebutuhan penanganan Covid-19. Ini fatal ketika tidak ada keterbukaan oleh Pemda. Kami hanya butuh RKA tidak yang lain,” pintanya.

Lanjut dia, Pemda Halbar lambat dalam penanggulangan Covid-19. “Sangat urgen sekali Pemda sudah harus secepatnya mengusulkan RKA kepada kami DPRD melalui Badan Anggaran,” pungkasnya.(all/ms)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemda Halbar Terima Bantuan APD Penanganan Covid-19

Rab Apr 1 , 2020
JAILOLO – Fraksi Golkar di DPRD Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) meminta Pemda untuk memperjelas Rancangan Kerja Anggara (RKA) Penanganan Covid-19 yang center diwacanakan. Fraksi Golkar menilai, wacana RKA untuk penagnanan Covid-19 senilai Rp.15 miliar itu nampak tak jelas. Pasalnya, hingga saat ini RKA terkait item-item anggaran tersebut belum juga diserahkan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!