Rabu, Oktober 27, 2021
Home > MALUT > Kota Tidore > Cegah Corona, Akses Pelabuhan di Tidore Ditutup

Cegah Corona, Akses Pelabuhan di Tidore Ditutup

Nurmala Ismail

TIDORE – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) melalui Dinas Perhubungan, Senin (30/3/2020), menutup akses pelayaran penumpang pada pelabuhan laut dari dan ke Tidore. Hal ini dilakukan dalam rangkan menekan penyebaran virus corona atau covid-19.

Keputusan ini diambil sesuai dengan kesepakatan bersama antara Pemkot Tikep, para pemilik speedboat dan motor kayu serta pihak terkait.

“Dengan adanya menutup pelabuhan ini, kami bersama pihak juragang speedbiat dan motor kayu sudah melakukan pertemuan, sehingga disepakati tidak lagi beroperasi. Kalau batas waktu menutup pelabuhan, kami belum tahu kapan batas yang ditentukan. Kita jalankan sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Pemerintah. Bila lewat dari 16.00 WIT, tentu juragang speedboat akan dikenai sanksi, dikenai sanksi administrasi maupun tidak diijinkan beroperasi lagi,” ungkap Nurmala Ismail, Kepala UPT Pelabuhan Rum, ketika dikonfirmasi maluttimes.com, Senin (30/3/2020)

Nurmala menambahkan, jika ada pasien yang mau dirujuk ke rumah sakit Ternate tetap dilayani.

Sementara itu, pelabuhan yang ditutup yakni, pelabuhan Rum, Indonesiana, Goto, Galala, Sofifi, dan pelabuhan Tokici.

“Jadi apabila sampai covid-19 ini selesai, baru kemudian aktifitas pelabuhan dibuka kembali,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tikep, Daud Muhammad menyampaikan bahwa, berdasarkan himbauan antisipasi covid-19, aktifitas speedboat dan motor kayu rute Tidore-Ternate telah dibatasi. Dimana pada pukul 16:00 WIT tidak ada lagi aktifitas penyeberangan.

“Penumpang dari 12 dikurangi menjadi 10 penumpang dengan harga tiket sebesar 15 ribu per orang. Untuk operasinya tentu akan disertakan dengan instansi terkait, seperti BPBD Kota Tikep, Dishub, TNI-Polri dan Satpol PP,” singkatnya.(len/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!