Selasa, Oktober 26, 2021
Home > MALUT > Kota Tidore > Puskesmas Rum dan Ome Buka Posko Deteksi Dini Virus Corona di Pelabuhan

Puskesmas Rum dan Ome Buka Posko Deteksi Dini Virus Corona di Pelabuhan


TIDORE – Langkah antisipasi penyebaran virus corona atau covid-19 oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melalui Dinas Ksehatan membuka posko pencegahan di sejumlah titik.

Pendirian posko deteksi dini dan pencegahan virus corona ini oleh Puskesmas Rum dan Puskesmas Ome, Kecamatan Tidore Utara, menindaklanjuti instruksi Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan dalam rangka untuk melakukan pemeriksaan bagi setiap pendatang dari luar Tidore maupun Maluku Utara.

“Terkait dengan orang-orang yang terindikasi virus corona, seperti Halsel, Halut dan Halteng, maka langsung kami melakuka pemeriksaan terhadap orang tersebut sekaligus wawancara mendalam,” kata Irfan Yani, Koordinator Posko Pelabuhan Rum, Rabu (25/3/2020).

Irfan menerangkan, pihaknya bekerja 1×24 di lokasi Pelabuhan Rum sampai waktu tidak ditentukan. Bahkan hari Minggu pun posko dibuka.

“Setiap puskesmas mempunyai titik focus tertentu, baik dari Puskesmas Soasio, Tomalou. Kalau untuk di Puskemas Rum dan Ome sementara di tempatkan di Pelabuhan Rum. Sementara untuk di pelabuhan fery, kami terus mengupdate informasi, namun dari pihak pelabuhan fery mereka meminta masker, tetapi masker kami dikhususkan bagi petugas saja,” terangnya.

Ia berharap, pihak terkait lainnya turut andil dalam memutuskan rantai penyebaran virus corona, salah satunya dengan cara menyediakan tempat cuci tangan.

“Saya menyarakan kepada dinas atau instansti terkait lainnya agar secepatnya mengadakan tempat cuci tangan di sejumlah titik di Rum. Karena hanya menunggu petugas posko tetapi siapapun bisa. Bagi masyarakat ataupun pendatang, diharapkan bila menederita penyakit virus corona, agar bersegera berkoordinasi atau secepatnya ke puskesmas terdekat,” harapnya.(len/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!