Rabu, Oktober 27, 2021
Home > MALUT > Kota Tidore > Imbas Corona, Harga Tiket Speedboat Rum-Bastiong Minta dinaikkan

Imbas Corona, Harga Tiket Speedboat Rum-Bastiong Minta dinaikkan

Daud Muhammad

TIDORE – Pelaku usaha dan motoris speedboat maupun motor kayu rute Rum-Bastiong menuntut agar tarif tiket dinaikkan.

Tuntutan itu menyusul adanya rencana pembatasan jumlah angkut penumpang speedboat dan motor kayu oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam rangka upaya meminimalisir penyebaran wabah virus corona.

Dihadapan pihak Dishub Kota Tidore Kepulauan dalam pertemuan bersama, Rabu (25/3/2020) pelaku usaha meminta agar pemerintah juga mempertimbangkan dampak pendapatan speedboat dan motor kayu jika dilakukan pembatasan jumlah angkutan penumpang.

“Sebagaimana poin yang disepakati yaitu aktifitas speedboat dan motor kayu dibatasi dan melakukan penertiban mulai hari Senin, 30 Maret 2020, penumpang speedboat akan dibatasi penumpang hanya 10 orang dengan harga tiket Rp 15 ribu per orang,” kata Daud Muhammad, Kepala Dishub Kota Tidore Kepulauan.

Selain itu, jadwal pelayaran ferry Rum-Bastiong yang biasanya 4 kali trip sehari juga dipangkas menjadi 2 trip saja.

Menurut Daud, harga tiket Rp 15 ribu per penumpang pun belum diputuskan oleh Dishub karena masih menunggu keputusan dari Walikota Tidore Kepulauan.

“Para motoris bilang, kalau kurang 10 dari 12 (penumpang) berarti mereka punya setoran di bank itu, dia tidak akan mencukupi. Mereka minta 15 ribu (per penumpang), tetapi kami belum ambil langkah dan mencari jalan keluarnya. Makanya belum ada keputusan resmi, dan itu harus diputuskan dari Wali Kota,” terangnya.

Dia menegaskan, jika motoris menarik tarif baru ke penumpang tanpa menunggu keputusan pemerintah makan sudah tentu itu adalah pungli.

Sementara itu untuk mendukung pencegahan wabah virus corona pemerintah juga menempatkan tim medis di pelabuhan. Tim medis akan tetap bekerja sampai pukul 06.00 WIT.(len/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!