Asisten I Setda Halbar Tinjau Ruang Isolasi Penanganan Corona di RSUD Jailolo

JAILOLO – Asisten I Setda Halmahera Barat (Halbar) Vence Muluwere, didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Bobby Djumati dan Sekretaris Dinas Kominfo Sahmi Salim, Rabu (18/3/2020) meninjau langsung ruang isolasi RSUD Jailolo. Kunjungan ini dalam rangka untuk memastikan kesiapan dalam penanganan Covid-19 atau Corona.

Kedatangan rombongan Asisten I ini langsung disambut oleh Dirut RSUD Jailolon, Dr. Syafrullah Radjilun dan Kasie Intel Kejari Halbar Defi Rahman yang pada saat itu sudah berada lebih dulu.

“Kedatangan kami ke RSUD Jailolo untuk menindaklanjuti hasil rapat Forkopimda yakni meninjau ruang khusus isolasi yang disiapkan bagi pasien yang terpapar suspect corona. Dari hasil peninjauan, ruangan dan alat-alat sudah disiapkan oleh pihak RSUD Jailolo dan sangat baik serta layak untuk digunakan. Terutama alat-alat perlengkapan diri dari dokter dan pasien juga sudah di siapkan,” ungkap Vence Muluwere ketika ditemui wartawa usai kunjungan.

Vence menyerukan kepada masyarakat agar tidak panik serta jangan mengembangkan informasi yang belum benar ke masyarakat lainnya. Sebab akan menimbulkan keresahan.

Ia juga menghimbau, apabila ada masyarakat yang menerima informasi hoax langsung saja konfirmasi ke Kepala Dinas Kesehatan selaku juru bicara dari tim Satgus penanganan Covid-19 di Halbar.

“Kita lebih cenderung berikhtiar walaupun penyakit ini belum mewabah di Halbar, sebab ikhtiar itu lebih baik sehingga kesiapan-kesiapan harus segera dilakukan dan semoga masyarakat Halbar tidak ada yang terindikasi covid-19,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirut RSUD Jailolo, Dr. Syafrullah Radjilun juga menyampaikan hal-hal teknis terkait persiapan ruangan isolasi yang disediakan bagi orang yang terkena Covid-19.

Ia mengemukakan, ada 4 ruangan yang telah disiapkan untuk penanganan covid-19 apabila ada pasien yang terkena gejalanya.

“Disetiap ruangan ada 4 – 6 tempat tidur. Jadi alur penanganannya, apabila ada orang yang beresiko ataupun dalam pemantauan akan langsung di arahkan ke RSUD Jailolo dan ditempatkan di ruangan isolasi. Kami juga menyiapkan tim medis dengan dua lapis tim pada tahap pertama dan pada tahap selanjutnya akan disiapkan tim lapis ketiga yang melibatkan seluruh petugas RSUD,” cetsunya.

Untuk alat pelindung diri (APD), masker dan juga handsanitizer sudah disiapkan. Sedangkan untuk mengantisipasi kekurangan, kata Syafrullah, “kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara agar menambah 500-1500 item penunjang tersebut. Apapun kondisinya, kami pihak RSUD Jailolo sudah sangat siap untuk melayani masyarakat Halbar dan membantu agar terhindar dari covid-19 maupun gejala virus lainnya,” pungkasnya.(ms/all)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Satlantas dan Samsat Kota Tikep Gelar Razia Gabungan

Rab Mar 18 , 2020
JAILOLO – Asisten I Setda Halmahera Barat (Halbar) Vence Muluwere, didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Bobby Djumati dan Sekretaris Dinas Kominfo Sahmi Salim, Rabu (18/3/2020) meninjau langsung ruang isolasi RSUD Jailolo. Kunjungan ini dalam rangka untuk memastikan kesiapan dalam penanganan Covid-19 atau Corona. Kedatangan rombongan Asisten I ini langsung disambut […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!