Cegah Penyebaran Corona, Tim Satgus Halbar Deteksi Suhu Setiap Penumpang Kapal

Tim satgus Halbar saat melakukan pemantauan dan pemeriksaan suhu terhadap para penumpang kapal AL-Sudais.

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Senin (16/3/2020) kemarin telah membentuk tim satuan gugus (Satgus) penanganan dan pencegahan Covid-19 atau virus Corona yang kini menghebohkan dunia.

Tim satgus yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilker dan Petugas Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Jailolo ini mulai berekasi dengan melakukan pemantauan dan pemeriksaan suhu para penumpang kapal AL-Sudais yang baru tiba dari Manado, Selasa (17/3/2020).

Dari pantauan Malut Times, tim satgus langsung bersiaga di depan pos masuk penumpang. Penumpang yang turun dan melewati pos satu per satu di cek suhu tubuh dengan thermoscan sebelum keluar dari pos tersebut.

Juru Bicara Tim Satgus, Rosfintje Kalengit ketika ditemui usai melakukan pemantauan menyampaikan bahwa, tim satgus akan terus melakukan pemantauan terhadap setiap kapal yang masuk ke Pelabuhan Jailolo, terutama kapal yang tiba dari Manado.

“Pemantauan perdana dilakukan di kapal Al-sudais yang baru tiba dari Manado. Ada sebanyak 45 orang penumpang dari Manado sudah dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan hasil semuanya tergolong normal dan tidak ditemukan suhu tubuh yang tidak normal. Artinya sejauh ini masih terpantau aman dan kita akan terus melakukan pemantauan untuk memastikan tidak ada suspect ataupun covid-19 yang masuk di Halbar,” ujarnya.

“Kami harap masyarakat jangan panik dengan beredarnya informasi dari luar terkait covid-19 karena, informasi resmi ada di tim satgus penanganan covid-19 dan didukung dengan data hasil pantauan di lapangan. Harapan besar semoga Halmahera Barat bisa terhindar dari covid-19 maupun dari segala bentuk penyakit berbahaya lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala UPP Jailolo, Rahman Soamole mengatakan, surat edaran terkait instruksi pencegahan masuknya covid-19 di Halbar telah disebar kepada setiap kapal yang masuk melalui pelabuhan penyebarangan Jailolo.

“Surat edaran ini terkhusus tiga kapal yang rutenya Manado-Jailolo yaitu KM Permata Obi, KM Permata Bunda dan KM Al-sudais. Ini akan kami pertegas untuk mencegah masuknya covid-19 dari luar Halbar. Salah satu yang kami tekankan di surat edaran tersebut bahwa harusnya penyediaan masker bagi orang sakit dan pendamping orang yang sakit dan juga harus tersedianya air bersih di atas kapal,” kata Rahman.

“Apabila ada kapal yang tidak mengikuti himbauan yang sudah kami edarkan maka akan kami beri sanksi. Saya harap nahkoda maupun ABK kapal bisa bekerja sama dengan baik karena ini kepentingan kita bersama,” tandasnya.(ms/all)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

BP3D Halbar Gelar Konsultasi Publik Penyusunan RKPD Tahun 2021

Sel Mar 17 , 2020
JAILOLO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Senin (16/3/2020) kemarin telah membentuk tim satuan gugus (Satgus) penanganan dan pencegahan Covid-19 atau virus Corona yang kini menghebohkan dunia. Tim satgus yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilker dan Petugas Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Jailolo ini mulai berekasi […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!