Selasa, Oktober 26, 2021
Home > MALUT > Halmahera Barat > Bupati Danny Missy Resmikan Tiga Puskesmas

Bupati Danny Missy Resmikan Tiga Puskesmas

JAILOLO – Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy meresmikan tiga gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Afermasi. Peresmian dipusatkan di Desa Baru, Kecamatan Ibu Selatan, Selasa (10/3/2020). Ketiga puskesmas itu yakni, Puskesmas Jailolo, Puskesmas Kota Jailolo dan Puskesmas Baru.

Dalam sambutannya, Bupati Danny Missy menyampaikan, sejak tahun 2018, di Maluku Utara, yang dapat bantuan bangunan Puskesmas hanya di Halbar. Karena pembangunan yang dilakukan diikuti sesuai prototype, sehingga daerah lain yang tidak mengikuti prototype tidak dapat bantuan.

“Harapan saya agar progres ini bisa dipertahankan, karena Halbar tahun ini khususnya Dinkes menerima DAK 100 miliar lebih. Ini dimaksimalkan dengan baik dan memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat. Gedung ini setara rumah sakit. Target kita di 14 puskesmas akan tetap tersedia gedung yang sama,” ungkapnya.

Lanjut Bupati, dengan hadirnya gedung yang bagus ini, tenaga kesehatan harus mampu memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa hadir di Puskesmas dalam berobat.

“RSUD juga nanti di dorong agar bisa peningkatan status, serta peralatan dilengkapi agar pelayanan bisa lebih baik,” ucapnya.

“Di kesempatan ini saya berharap warga dapat merawat bangunan dengan baik, karena nanti ada Alkes yang nantinya ditempatkan di puskesmas, sehingga dapat meningkatkan pelayanan, saya minta Kadis agar bisa memberikan tambahan pelayanan di semua puskesmas agar masyarakat bisa datang berobat ke puskesmas,” sambung Danny Missy mengakhiri.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Halbar, Rosfince Kalengit juga mempresentasikan bahwa, pembangunan Puskesmas di Kabupaten Halbar melalui dana Afirmasi dilakukan sejak tahun 2018, yaitu Puskesmas Bobane Igo,  Puskesmas Sidangoli,  Puskesmas Golago Kusuma,  Puskesmas Ibu dan Puskesmas Duono yang diresmikan langsung oleh Menteri Kesehatan pada tanggal 4 April 2019.

Ditahun itu juga kata Rosfince, dibangun lagi tiga gedung Puskesmas Afermasi yakni Puskesmas Jailolo, Puskesmas Kota Jailolo dan Puskesmas Baru yang hari ini diresmikan oleh Bupati Halbar.

“Untuk di tahun 2020 ini akan segera dibangun lagi tiga gedung Puskesmas Afirmasi yaitu Puskesmas Sahu, Puskesmas Talaga dan Puskesmas Kedi. Kemudian rencana di tahun 2021 juga dibangun tiga gedung Puskesmas Afirmasi yaitu Puskesmas Tolofuo, Puskesmas Akelamo dan Puskesmas Balisoan,” paparnya.

“Itu artinya 14 puskesmas di Halmahera barat dibangun menggunakan anggaran DAK Afirmasi dan sesuai dengan prototipe Kementrian Kesehatan,” sambung Rosfince.(ms/all/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!