Selasa, Oktober 26, 2021
Home > MALUT > Halmahera Barat > RSUD Jailolo Siapkan Ruangan Khusus Penanganan Corona

RSUD Jailolo Siapkan Ruangan Khusus Penanganan Corona

Malikiddin Ismail

JAILOLO – Kabar penyebaran virus corona ke Indonesia menjadi perhatian serius semua pihak, terutama tim kesehatan. Seperti di RSUD Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara, telah menyiapkan ruangan khusus isolasi penanganan virus mematikan tersebut.

Sekertaris RSUD Jailolo, Malikiddin Ismail, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, (3/3/2020) mengatakan, pihaknya terus mengikuti perkembangan informasi yang diperoleh melalu media Cetak, Elektronik, dan Online serta berkoordinasi melalui group whatsApp Akreditasi RSU sehingga tidak terjadi simpan siur dalam memberikan informasi dan penanganan masalah (virus) tersebut.

“Kami tidak bisa mengambil keputusan sepihak untuk memberikan informasi kepada publik. Oleh karena itu kami akan memberikan informasi berdasarkan komando melalui Dinas Kesehatan,” katanya.

Menurutnya, resiko paling besar adalah petugas kesehatan berkait penanganan virus mematikan itu. Oleh karenanya, berbagai informasi yang beredar ke publik terkait maraknya virus Corona membuat lebih serius dalam penanganan.

“Walaupun di Halbar belum ada, dan muda-mudahan tidak ada sehingga kita dilindungi serta dijauhkan penyakit yang sangat sensitif itu,” ujarnya.

“Patut menjaga kesehatan mulai dari menggunakan masker, kebersihan pencucian tangan, serta organ-organ tubuh secara keseluruhan,” sambung Ismail.

Lanjutnya, “untuk RSUD sendiri kami selalu melakukan pemantauan kepada petugas kesehatan yang memiliki tugasnya masing-masing, apabila kedapatan pasien yang terinveksi serta flu akan kami tindak lanjut lebih jauh sehingga tidak semakin marak dan hal itu tetap kami seriusi memantaunya agar tidak ada kepositifan penyakit yang berbahaya,”.

Ismail juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak terlalu panik menanggapi virus corona (covid 19) yang tengah marak ini. Sebab menurut dia, semakin rasa kekhawatiran muncul dalam pikiran tentu akan mengganggu konsentrasi aktifitas serta kesehatan.

“Dan jika masyarakat ingin mengetahui lebih detil atau ingin mengikuti informasi terkait covid 19 ini, sebaiknya ikuti website Kemenkes RI sebab informasi yang disebar melalui website Kemenkes itu sangat resmi dan itu juga adalah kewenangan yang dipublikasi melalui online maupun koran,” imbuhnya.

“Untuk Maluku Utara secara keseluruhan akan dirujukan ke RSUD DR H Chasan Bosoirie di Kota Ternate karena, Rumah Sakit tersebut ditunjuk secara Nasional untuk penanganan pencegahan virus corona,” sambungnya mengakhiri.(ms/all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!