Rabu, Oktober 27, 2021
Home > MALUT > Kota Ternate > NPHD Pilkada Tikep disepakati 17,5 Miliar

NPHD Pilkada Tikep disepakati 17,5 Miliar

Pertemuan yang dimediasi oleh Kemenkopolhukam RI. (foto:istimewa)

TIDORE – Nilai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Komisi Pemlihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) sebesar Rp.17,5 miliar disepakati oleh sejumlah pihak setelah dimediasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) RI, di Jakarta, Kamis (27/02/2020).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, pertemuan yang berlangsung di ruang rapat deputi 1 Poldagri itu berdasarkan surat dari Direktur pelaksanaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) nomor 149/5D.V/DIT.II tertanggal 12 Februari 2020 tentang permohonan fasilitasi penyelesaian permasalahan NPHD di Tikep.

Ketua KPU Kota Tikep, Abdullah Dahlan ketika dikonfirmasi wartawan di Tidore mengatakan, pertemuan dengan Kemenkopolhukam itu pihak Pemkot, DPRD, KPU, dan Bawaslu Kota Tikep bersedia mengikuti nilai yang ada di dalam NPHD tanpa ada lagi addendum untuk kenaikan honorarium Penyelenggara Ad Hoc.

Menurutnya, kenaikan honorarium penyelenggara Ad Hoc dalam pertemuan itu pihak Pemda maupun DPRD meminta KPU untuk mencermati lagi anggaran yang ada, agar dapat menaikan sedikit honorarium Ad Hoc.

“Dua lembaga, yakni Pemkot dan DPRD sudah menyatakan dari sisi kemampuan keuangan daerah mereka sudah mentok. Oleh karena itu sebagai penyelenggara, KPU Kota Tikep memaklumi keadaan itu dan akan menecermati nilai anggaran yang telah disetujui dalam NPHD, agar dapat menaikan sedikit honorarium penyelenggara ditingkat bawah, PPK, PPS dan KPPS,” kata Abdullah.

Sekedar untuk diketahui, hadir dalam rapat tersebut diantaranya, perwakila KPU RI, Biro-biro Perencanaan dan keuangan, Kemendagri, Walikota Kota Tidore Kepulauan, Capt.H.Ali Ibrahim,MH, pimpinan DPRD Tikep, KPU, Bawaslu dan TAPD, Sekretaris Daerah, Asrul Sani Soleman, beserta sejumlah pimpinan SKPD Kota Tikep.(len/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!