Selasa, Oktober 26, 2021
Home > MALUT > Kota Tidore > Kapolda Malut Pimpin Penanaman 2.500 Pohon Mangrove di Tidore

Kapolda Malut Pimpin Penanaman 2.500 Pohon Mangrove di Tidore

Kapolda Malut, Brigjen Pol Rikhwanto saat menyerahkan bibit pohon mangrove (Foto: antaranews.com)

TIDORE – Jajaran Polda Maluku Utara (Malut) bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore Kepulauan (Tikep) melaksanakan penanaman 2.500 bibit pohon mangrove di kawasan pantai Kelurahan Maftutu, Kecamatan Tidore Timur, Sabtu (22/2/2020).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolda Malut Brigjen Pol. Rikwanto merupakan bentuk Polri peduli penghijauan pantai dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir khususnya di pesisir Malut.

Lanjut Kapolda, penanaman mangrove di Kelurahan Mafututu sebanyak 2.500 bibit pohon, juga dilaksanakan serentak di 12 markas Unit Dit Polairud yang ada di Propinsi Malut sebanyak 7500 pohon, dengan total pohon yang ditanam sebanyak 10.000 pohon.

“Mari kita bersama-sama menjaga dan memilihara pohon mangrov, kemudian pentingnya sosialisasi dalam pelestarian hutan maupun lingkungan, serta mendapat manfaat bagi pembangunan berkelanjutan,” ujarnya.

Kapolda menyatakan, penanaman pohon ini merupakan kepedulian Polri terhadap lingkungan yang semakin hari tumbuhan sudah mulai hilang dengan adanya penebangan-penebangan liar sehingga banyak gunung-gunung gundul dan dapat mengakibatkan banjir oleh karena itu Polri melalui program Kapolri melaksanakan program Polri Peduli Penghijauan.

Sementara itu, Staf Ahli Walikota Tikep Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Halil Ahmad, dalam sambutannya juga berharap penananaman pohon ini bisa mencegah terjadinya air pasang maupun sebagai penahan ombak.

“Penanaman pohon mangrov ini menjadi bukti dan warisan generasi penerus. Sebab pohon mangrov ini bisa memberikan dampak yang luar bisa kepada masyarakat di Kelurahan Mafututu, terutama jalan raya,” ucapnya.

Sekedar untuk diketahui, hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kapolda Malut Brigjen Pol.Rikwanto,SH.M.Hum, didampingi pejabat utama Polda Malut, Ketua Bhayangkari Polda Malut, para pejabat utama Polres Tidore Kepulauan, Ketua Bhayangkari Cabang Tidore, perwakilan Dandim 1505 Tidore, Kadis lingkungan Hidup Kota Tikep Nurbaiti Fabanyo, Camat Tidore Timur Abdullah Nurdin, para Lurah se-Kecamatan Tidore Timur, para Kepala sekolah, serta para tokoh pemuda dan tokoh masyarakat Kelurahan Mafututu.(len/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!