Bawaslu Tikep Bentuk Sentra Gakkumdu

TIDORE – Bawaslu Kota Tidore Kepulauan (Tikep) bersama Polres Tikep dan Kejari Tikep, Senin, (17/02/2020) telah membentuk Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Pembentukan Gakkumdu dalam rangka menghadapi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 itu berlangsung di ruang rapat Sekretariat Bawaslu Kota Tikep.

“Pembentukan Sentra Gakkumdu ini, berdasarkan surat edaran dari Bawaslu RI Nomor : 0122/K.Bawaslu/PM.06.00/II/2020, tentang Pembentukan Sentra Penegakan Hukum Terpadu Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020,” terang Bahrudin Tosofu, Ketua Bawaslu Kota Tikep.

Lanjut dia, terbentuknya Gakkumdu diharapkan dapat menjadi wadah menyatukan pemahaman maupun perumusan strategi penangangan tindak pidana Pilkada 2020.

“Dengan adanya pelibatan Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan Negeri Tidore, paling tidak ada komitmen secara bersama untuk menegakan kedisplinan kasus yang nantinya di tangani,” tambahnya.

Terpisah Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Tikep, Amru Arfa, S.H, menambahkan Sentra Gakkumdu adalah wadah yang didalamnya terdapat tiga institusi, diantaranya Pengawas Pemilu, Kepolisian dan Kejaksaan.

“Dari tiga institusi ini, memiliki tugas dan fungsi menengani dugaan pelanggran tindak pidana Pilkad. Memang jauh sebelumnya, Bawaslu datang di institusi Kepolisian dan Kejaksaan untuk berkoordinasi dengan masing-masing pimpinan, terkait pembentukan Gakkumdu,” tukas Amru.(len/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DP4 Enam Desa Telah Diserahkan ke KPU untuk Pikada 2020 di Halbar

Sel Feb 18 , 2020
TIDORE – Bawaslu Kota Tidore Kepulauan (Tikep) bersama Polres Tikep dan Kejari Tikep, Senin, (17/02/2020) telah membentuk Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Pembentukan Gakkumdu dalam rangka menghadapi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 itu berlangsung di ruang rapat Sekretariat Bawaslu Kota Tikep. “Pembentukan Sentra Gakkumdu ini, berdasarkan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!