Aktivitas Bongkar Muat Kapal Tol Laut di Pelabuhan Matui Halbar Meningkat

JAILOLO – Aktivitas bongkar muat Tol Laut di Pelabuhan Matui Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) meningkat. Hal ini terpantau sejak pagi hingga sore, Minggu (16/2/2020).

“Aktifitas pelayanan di Pelabuhan Matui saat ini telah siap, baik berupa layanan pengiriman maupun layanan fasilitas pelabuhan,” kata Kepala UPP Jailolo, Rahman Soamole ketika dihubungi, Minggu (16/2/2020) siang.

Rahman menjelaskan, ini tak terlepas dari sinergitas antara Kementerian Perhubungan melalui UPP Jailolo dengan Pemda Kabupaten Halbar dalam komitmen untuk  meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pelayanan publik jalur kapal Tol Laut yang saat ini telah beroperasi.

Lanjutnya, saat ini ada sekitar 10 kontainer yang dititipkan di area terminal kontainer.

Untuk itu, sesuai dengan komitmen yang telah dibangun maka jajarannya akan terus melakukan peningkatan layanan pelabuhan tentunya dengan melibatkan Pemda Halbar serta stackholder terkait lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindagkop Halbar Martinus Djawa mengatakan, program Tol Laut merupakan upaya Bupati Danny Missy untuk memudahkan pelaku usaha dalam hal fasilitas pengiriman barang.

“Saat ini layanan Tol Laut yang memuat berbagai macam barang sudah tiba di Pelabuhan Matui pada 15 Pebruari 2020,” kata Martinus.

Lanjutnya, “saat ini barang yang di bongkar adalah 4 kontainer semen sebanyak 1600 sak, 1 kontainer berupa 700 sak terigu, 1 kontainer beras dan 1 kontainer barang campuran. Sedangkan untuk pengiriman adalah yang akan dimuat adalah 5 kontainer kopra 75 ton dan 2 kontainer berisi ikan cumi (gurita) segar 27 ton,”.

Mantan Pj. Bupati Halmahera Utara ini menghimbau kepada para pelaku usaha yang ingin lakukan pengiriman barang melalui Tol Laut agar menghubungi Dinas Perindagkop Halbar, baik yang ada di Halbar sendiri maupun kabupaten terdekat lainnya.

Ia menambahkan, barang yang dapat dikirim melalui Tol Laut adalah, kebutuhan pokok yang telah diatur melalui Perpres No 71 Tahun 2015 dan barang lain yang diatur dalam Peraturan Menteri perdagangan No 38 Tahun 2018.

“Bagi pelaku ekonomi maupun pengusaha yang mau menggunakan jasa Tol Laut bisa menghubungi kami (Disperindagkop) untuk diregistrasi untuk bisa dikirim melalui Tol Laut,” tutupnya.(ms/all)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pelabuhan Ferry Galala ditutup Sementara

Ming Feb 16 , 2020
JAILOLO – Aktivitas bongkar muat Tol Laut di Pelabuhan Matui Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) meningkat. Hal ini terpantau sejak pagi hingga sore, Minggu (16/2/2020). “Aktifitas pelayanan di Pelabuhan Matui saat ini telah siap, baik berupa layanan pengiriman maupun layanan fasilitas pelabuhan,” kata Kepala UPP Jailolo, Rahman Soamole ketika dihubungi, […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!