Rabu, Oktober 27, 2021
Home > MALUT > Kota Tidore > Sosialisasi Netralitas ASN, Panwascam Sambangi Kantor Camat Oba Selatan

Sosialisasi Netralitas ASN, Panwascam Sambangi Kantor Camat Oba Selatan

TIDORE – Menjelang pelaksanaan pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2020, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Oba Selatan, Kota Tidore Kepulauan (Tikep) terus melakukan sosialisasi baik langsung kepada masyarakat maupun ke ASN.

Seperti yang dilakukan pada, Selasa (4/2/2020) kemarin. Rombongan Panwascam Oba Selatan yang dipimpin langsung oleh Iksan Nardi menyambangi Kantor Camat setempat. Kedatangan mereka dalam rangka silaturahmi mensosialisasikan netralitas Aparatur Sipil Negeri (AS).

Kepada Malut Times, Iksan mengatakan, sosialiasasi ini tentunya bias mengantisipasi ASN dan perangkat desa dalam politik praktiks. Sebab berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN menjelaksan bahwa setiap ASN tidak boleh berpihak kepada kepentingan siapapun.

“Hal yang sama terdapat di dalam PP Nomor 42 Tahun 2014 tentang pembinaan jiwa Koprs dan kode etik Pegawai Negeri Sipil (PNS),” karanya.

Lanjut Iksan, sebagaiamana dijelaskan di dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah Pejabat Negara, Pejabat Daerah, Pejabat Aparatur Sipil Negar, Anggota TNI/Polri dan Kepala Desa di larang membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan.

“Sosialisasi ini terus dilakukan di berbagai instansi, sekolah dan kantor desa di seluruh Kecamatan Oba Selatan. Bertujuan untuk mempertegas UU Nomor 6 Tahun 2016 tentang Desa. Makanya ASN maupun Kades serta perangkat desa di larang untuk melakukan kegiatan politik praktis, baik sebelum maupun selama tahapan Pilkada berjalan. Sehingga pilkada yang berintegritas, damai dan bermartabat bisa diwujudkan,” tegasnya.(len/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!