Panwascam Tidore Intens Sosialisasi ke Kelurahan

TIDORE – Menjelang Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan Tahun 2020, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tidore intens bersilaturahim ke sejumlah kelurahan dalam rangka mensosialisasikan UU Pilkada.

Pada Rabu (5/2/2020), Ketua Panwascam Tidore Supriyanto Ade, didampingi Kordiv PHL Awam K. Fabanyo, Kordiv HPP Haris Ode beserta dua staf menyambangi tiga  kelurahan yakni Kelurahan Tambula, Folarora dan Gurabunga.

Supriyanto Ade menjelaskan bahwa, setelah dilinatik sebagai komisioner Panwascam maka tugas dan tangungjawab dilaksanakan secara professional, tetntu salah satunya adalah membangun silaturahim bersama dengan lurah-lurah demi menjaga netralitas ASN.

“Mungkin dari sini, apabila staf dan lurah yang bisa memberikan saran demi kelancaran Pemilihan Kepala Daerah ini, tentu langsung berkoordinasi agar tidak terjadi hal-hal dikemudian hari,” jelasnya.

Lanjut Supriyanto, hal yang sama juga disampaikan saat berkunjung ke kelurahan-kelurahan lain bahwa, sebagaimana diamanatkan dalam UU Pilkada, setidaknya dua pasal yang mengatur tentang netarlitas ASN yakni pasal 70 dan 71.

Sebagaimana bunyi pasal 70 ayat 1, dalam kampanye pasangan calon dilarang melibatkan ASN dan TNI/Polri. “Sedangkan di pasal 71 ayat 1, pejabat Negara, pejabat Aparatur Sipil Negara, dan Kepala Desa atau lurah dilarang  membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu calon selama masa kampanye,” paparnya.

Langkah Panwascam Tidore ini mendapat respon dari para lurah. Seperti lurah Folarora, Abd. Latif M.Zen. “Sebagai lurah, kalau untuk terlibat dalam politik praktis, tentu kami di kelurahan menjaga netralitas. Namun di lain sisi, sebelum bertindak, saya tetap terus berkoordinasi dengan Panwascam supaya tidak melanggar UU Pilkada,” ujarnya.

Hal senada juga diutarakan Lurah Gurabunga, Latif. ”Memang kami di kelurahan tetap menjaga nama baik kelurahan. Tentu ada pemberitahuan dan sosialisasi di kelurahan demi mendukung kegiatan Pilkada bisa berjalan sesuai dengan harapan masyarakat,” tuturnya.(len/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kepala Disperindagkop Halbar Minta Pengusaha Segera Tandatangan Pakta Integritas

Rab Feb 5 , 2020
TIDORE – Menjelang Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan Tahun 2020, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tidore intens bersilaturahim ke sejumlah kelurahan dalam rangka mensosialisasikan UU Pilkada. Pada Rabu (5/2/2020), Ketua Panwascam Tidore Supriyanto Ade, didampingi Kordiv PHL Awam K. Fabanyo, Kordiv HPP Haris Ode beserta dua staf menyambangi tiga  […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!