Rabu, Oktober 27, 2021
Home > MALUT > Halmahera Barat > Pemkab Halbar Dapat Bantuan Dana Rp.15 Miliar Untuk Penataan RTH

Pemkab Halbar Dapat Bantuan Dana Rp.15 Miliar Untuk Penataan RTH

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) mendapat bantuan dari Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Maluku Utara (Malut) untuk penataan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berlokasi di kawasan Desa Gufasa pada 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kasi Perencanaan BPPW Provinsi Malut, Muslim Saleh, dalam sambutannya saat acara peresmian gedung sekolah SD 64 Halbar, Selasa (24/2/2020).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang mengamanatkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik setiap kabupaten atau kota adalah 20 persen dari luas wilayah, Muslim mengatakan, “untuk kegiatan 2021 mendatang selain rencana penataan Desa Gufasa yang saat ini Pemda Halbar sedang lakukan penanganannya yaitu melakukan pembebasan lahan, menyangkut kelengkapan administrasi kami sudah terima semua,” katanya.

Ia mengemukakan, total dana yang disipakan untuk penataan kawasan tersebut adalah sebesar Rp15 miliar. “Jadi tahun ini masih di tangani oleh pemda untuk persiapan lahan penimbunan dan lain lain. Kalau dari kami Insya Allah tahun depan, sebab untuk persoalan lahan itu sendiri adalah tanggungjawab pemda. Jadi sementara biar saja pemda yang menyelesaikan, untuk infrastruktur itu tugas kami,” cetusnya.

Lebih lanjut Muslim menuturkan, pada sepekan pekan kemarin sebanyak 2 unit bangunan sekolah di Kabupaten Halbar telah dilaksanakan serah terima pengelolaannya yang berlangsung di Kota Ternate secara serentak.

“Untuk tahap selanjutnya kami akan melakukan serah terima asset. Jadi kami minta kepada Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Halbar agar supaya banyak berkoordinasi dengan kami. Tolong membantu kami juga dalam menyiapkan administrasi terkait dengan proses penyerahan aset kepada setiap Dikbud,” tuturnya.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan dan melahirkan rumusan yang dapat membawa kemajuan dan perbaikan di bidang pendidikan maupun infrastruktur di Kabupaten Halbar sehingga tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas adil dan makmur dan sejahtera akan tercapai,” sambung Muslim.

Atas nama BPPW Provinsi Malut, Muslim menyampaikan rasa terima kasihnya serta apresiasi yang besar kepada Bupati Halbar Danny Missy dan dinas terkait, Kepala Sekolah serta para Guru di SD 64 Halbar maupun di SD 29 Halbar yang telah mensupport sehingga dapat terselesaikan dengan baik.

“Semoga apa yang telah dikerjakan selama ini dapat bermanfaat bagi anak didik kita.untuk mempercepat pembangunan dan infrastruktur kami berharap banyak berkoordinasi dengan kementerian terkait maupun pihak balai,” harapnya.(ms/all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!