TPS di Enam Desa Halbar-Halut Belum Terbentuk, ini Penjelasan KPU

JAILOLO – Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk warga enam desa di wilayah perbatasan Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dan Halmahera Utara (Halut) hingga saat ini belum terbentuk.

Penyebabnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) belum menerima arahan dari KPU RI.

Meskipun begitu, KPU Malut memastika bahwa, untuk hak politik warga di enam desa itu tetap diakomodir.

“Prinsipnya KPU tetap mengakomodir warga enam desa untuk menyalurkan hak politiknya pada Pilkada serentak. Karena itu merupakan hak konstitusional setiap warga Negara untuk menyalurkan hak suaranya pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 ini,” kata Mochtar Alting, Komisioner KPU Provinsi Malut Devisi Hukum dan Pengawasan, ketika ditemu sejumlah wartawan disela-sela pelaksanaan tes tertulis calon anggota PPK Halbar, Kamis (30/1/2020)

Lanjut Mochtar menjelaskan, saat ini KPU menunggu data penduduk dari dua pemerintah daerah tersebut. Olehnya itu, pihaknya berharap sesegera mungkin bisa menuntaskan data jumlah penduduk itu untuk menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Data DP4 dari Departemen Dalam Negeri (Depdagri) sudah diserhakan ke KPU RI, sekarang KPU RI tinggal menyingkronkan antara data DP4 dengan data pemilih terakhir, sehingga nantinya diturunkan ke masing-masing KPU kabupaten/kota melalui KPU provinsi,” jelasnya.

“Jadi seperti ketika ada warga yang tadinya sebagai sipil dan beralih menjadi anggota TNI atau Polri tentu akan berubah, dan juga ada elemen data yang lain misalanya pindah penduduk tentunya akan berubah. Sehingga harapan kami data penduduk dua wilayah ini segera diselesaikan sehingga KPU hanya mengikuti data pemda terkait mana warga yang masuk wilayah Halut dan mana yang masuk wilayah Halbar,” sambung Mochtar mengakhiri.(ms/all)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Catat! ini Jadwal dan Lokasi Tes CPNS di Kota Tikep

Kam Jan 30 , 2020
JAILOLO – Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk warga enam desa di wilayah perbatasan Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dan Halmahera Utara (Halut) hingga saat ini belum terbentuk. Penyebabnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) belum menerima arahan dari KPU RI. Meskipun begitu, KPU Malut memastika bahwa, untuk hak politik warga […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!