Sejumlah ASN di Halbar Ikut Seleksi PPK, Begini Tanggapan KPU

JAILOLO – Seleksi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2020 telah dimulai.

Seleksi PPK Kabupaten Halbar tahun ini nampak ada yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Betapa tidak, dari amatan Malut Times, ada sejumlah ASN lingkup Pemkab Halbar ikut mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi angota PPK.

Hal ini mendapat tanggapan dari KPU Provinsi Maluku Utara melalui Divisi Hukum Mochtar Alting, saat menghadiri seleksi PPK Halbar yang berlangsung di SD Inpres Desa Hatebicara, Kecamatan Jailolo, Kamis (30/1/2020).

“ASN boleh mendaftar jadi PPK atau PPS pada momentum Pemilu, karena dalam PKPU tidak diatur secara jelas tentang larangan ASN yang menjadi PPK ataupun PPS,” katanya.

Koordinator KPU wilayah  Kabupaten Halbar – Halut ini mengemukakan, meskipun tidak ada larangan dalam UU Pemilu maupun PKPU, ASN yang ikut seleksi penyelenggara harus mengantongi izin dari atasan di instansi tempat ASN bersangkutan bertugas.

“Pengabdian terhadap Bangsa dan Negara itu tidak dipilih-pilih antara ASN maupun bukan ASN. Karena Negara mengatur setiap warga memiliki hak konstitusional untuk menjadi penyelenggara Pemilu. Tapi Perlu diketahui bahwa semuanya ada mekanisme sesuai penyelenggara Pemilu. Bahwa, bagi ASN yang terpenting adalah mengantongj izin dari atasan langsung sehinga kerjanya terasa nyaman,” cetusnya.

Lanjut Mochtar, sudah menjadi hal biasa dalam skema KPU apa bila seorang ASN yang belum mengantongi ijin namun lolos dalam seleksi administrasi PPK. Sebab masih bisa diberi kesempatan untuk mengurus izin tersebut.

Meski begitu, kata Mochtar, jika tahapan awal hingga akhir kemudian tidak mengantongi izin maka dipastikan seorang ASN itu tidak akan lolos dalam tahap seleksi berikutnya.

“Khususnya KPU Halbar dan kabupaten/kota lainnya punya kewenangan untuk mensortir administrasi. Jika hal demikian ditemukan pasti ada langkah bijak yang dilakukan oleh KPU,” pungkasnya.(ms/all)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TPS di Enam Desa Halbar-Halut Belum Terbentuk, ini Penjelasan KPU

Kam Jan 30 , 2020
JAILOLO – Seleksi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2020 telah dimulai. Seleksi PPK Kabupaten Halbar tahun ini nampak ada yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Betapa tidak, dari amatan Malut Times, ada sejumlah ASN lingkup Pemkab Halbar ikut mendaftarkan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!