Lima ASN di Kota Tikep Dapat Sanksi Moral

TIDORE – Sebanyak lima Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) mendapat sanksi moral dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) perihal atas pelanggaran kode etik dan kode perilaku mengenai tindaklanjut rekomendasi dugaan netralitas ASN dalam Pilkada 2020.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kelima ASN yang disanksi itu masing-masing berinisial RM alias Ros dan SL alias Seli selaku staf kelurahan, mantan Camat Oba Selatan AR, Camat Oba Utara SG dan Kabag Umum MA.

Kepala BKSDM Kota Tikep, Surah Husain, saat dikonfirmasi Malut Times, Selasa (29/01/2020) membenarkan adanya sanksi moral yang dijatuhkan kepada lima ASN lingkup Pemkot Tikep.

Dikatakan, rekomendasi yang diberikan oleh KASN melalui Wali Kota, didalamnya termuat memberikan hukuman moral terhadap kelima ASN tersebut karena diduga melakukan pelanggaran kode etik.

“Hal itu acuannya ke PP nomor 42 tentang kode etik dan didalamnya termasuk memberikan sanksi administrasi terhadap ke lima ASN tersebut,” katanya.

Lanjut dia, yang dimaksud dengan hukuman moral ini adalah kelima ASN itu diminta membuat pernyataan terbuka maupun tertutup di hadapan Wali Kota. Bukan hanya itu, mereka harus memberikan pernyataan, bahwa dia tidak akan mengulangi lagi.

“Kelima ASN yang mendapat sangsi moral itu sementara masih diproses. Kemudian dari sisi administrasi masih dikaji. Berkaitan dengan sangsi tersebut, mereka berada di hukuman sedang dan hasilnya sudah ada. Tetapi saya belum ekspos, sebab belum ditandatangani Pak Wali Kota. Nanti hasilnya kami sampaikan ke KASN dalam waktu 14 hari setelah di terima surat tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tikep meminta kepada pihak BKSDM untuk secepatnya melakukan sidang kode etik untuk diekspos.

“Kami berharap sidang kode etik itu bisa diekpos supaya kita ketahui prosesnya seperti apa, terutama dari Bawaslu,” pinta Amru Arfa, Kordiv Hukum dan Penindakan Bawaslu Tikep.(len/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tiga Penderita Gizi Buruk di Halbar Meninggal Dunia

Rab Jan 29 , 2020
TIDORE – Sebanyak lima Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) mendapat sanksi moral dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) perihal atas pelanggaran kode etik dan kode perilaku mengenai tindaklanjut rekomendasi dugaan netralitas ASN dalam Pilkada 2020. Informasi yang dihimpun menyebutkan, kelima ASN yang disanksi itu masing-masing […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!