FTKW Menuntut Hukum Mati Pelaku Pembunuhan Warga Desa Waci

TIDORE – Fron Tragedi Kali Waci (FTKW) yang tergabung dalam Mahasiswa Halmahera Timur (Haltim) menggelar aksi di depan Pengadilan Negeri (PN) Sosio, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara,  Selasa (28/1/2020).

Mereka menuntut agar pelaku pembunuhan tiga warga Desa Waci, Kabupaten Haltim yang terjadi pada 29 Maret 2029 lalu dijatuhi hukuman mati.

Pantauan maluttimes.com dilokasi aksir, terlihat sejumlah mahasiswa membawa spanduk bertuliskan “Hukum Pelaku Pembunuhan di Kali Waci”.

Massa aksi juga menyoroti terkait berkas perkara penyidik Polres Haltim dengan nomor : BP/12/XII/2019/SD, bahwa Majelis hakim harus objektif dalam memvonis pelaku tersebut.

 

BACA JUGA: Pulang Berburu 5 Warga Waci diserang OTK, 3 Orang Meninggal 

 

Abdul Sagaf selaku koordinator aksi dalam orasinya menyampaikan, sesungguhnya kuasa hukum terdakwa pembunuhan di Kali Waci diduga dengan sengaja menghilangkan data dari penyidik Polres Haltim.

“Setiap warga Negara Indonesia di mata hukum sama, tidak dipandang bulu. Makanya kami mewakili masyarakat Haltim untuk secepatnya pelaku pembunuhan di Kali Waci segera di hukum mati,” teriak Assagaf.

Menurut Assagaf, saat dikonfirmasi disela-sela aksi itu mengatakan, tragedi pembunuhan di Kali Waci adalah bagian dari konflik antar ke tiga korban tersebut.

“Bagi kami hukuman mati adalah nyawa ganti dengan nyawa untuk mengobati rasa trauma dari masyarakat Waci. Sebab, masyarakat secara psikologi saat ini masih khawatir melakukan aktfitas di kebun atau hutan,” katanya.

Ia menegaskan, tuntutan aksi yang harus ditindaklanjuti oleh Pengadilan Negeri Soasio, yaitu, hukum mati pelaku pembunuhan, Polda Maluku Utara dan Polres Haltim secepatnya menangkap 8 orang pelaku pembunuhan, dan diminta pelaku di hukum mati di depan masyarakat Waci serta disaksikan oleh keluarga korban.(len/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemkab Halbar Teken MoU dengan PT SMI, Kelola Sumber Daya Panas Bumi

Sel Jan 28 , 2020
TIDORE – Fron Tragedi Kali Waci (FTKW) yang tergabung dalam Mahasiswa Halmahera Timur (Haltim) menggelar aksi di depan Pengadilan Negeri (PN) Sosio, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara,  Selasa (28/1/2020). Mereka menuntut agar pelaku pembunuhan tiga warga Desa Waci, Kabupaten Haltim yang terjadi pada 29 Maret 2029 lalu dijatuhi hukuman […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!