Selasa, Oktober 26, 2021
Home > MALUT > Halmahera Barat > Jaringan Telekomunikasi di Sebagian Wilayah Halbar Tergangu, ini Penyebabnya

Jaringan Telekomunikasi di Sebagian Wilayah Halbar Tergangu, ini Penyebabnya

JAILOLO – Jaringan Telekomunikasi BTS USO BAKTI di sejumlah titik wilayah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) sepakan belakangan ini mengalami gangguan. Seperti yang terjadi di wilayah Kecamatan Ibu.

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Halbar mengkonfirmasi bahwa, gangguan itu terjadi karena adanya upgrade jaringan penyedia

“Saat ini ada beberapa lokasi di yang dibangun Tower BTS USO BAKTI pada tahun 2016 dan 2017 mengalami gangguan secara bersamaan, sehingga warga belum bisa menggunakannya karena ada gangguan Satelit,” kata Ikram Awam, Kabid Penyelenggaraan e-Goverment Diskominfo Halbar, kepada wartawan, Senin (27/1/2020).

Ikram mengemukakan, hanya bebera tower yang mengalami gangguan, sedangkan tower BTS USO BAKTI lainnya yang dibangun pada tahun 2019 lalu kini masih dalam tahapan uji coba perangkat dan sudah bisa diakses oleh masyarakat setempat yang menggunakan layanan operator XL, Tlp, SMS dan akses internet 4G.

“Jadi kalau ada tahapan uji coba akan terjadi gangguan itu karena pihak penyedia sedang melakukan perbaikan,” cetusnya.

Lanjut dia, pihaknya sudah mendapat laporan dari beberapa Kepala Desa dan telah ditindaklanjuti laporan tersebut ke pihak BAKTI untuk di teruskan ke Penyedia Layanan Telkomsel, Indosat dan XL).

“Saat ini sedang di lakukan re routing dari sisi operator satelit ke sisi modem. Jadi harap maklum kalau di beberapa lokasi yang menggunakan satelit nusantara 1 mengalami down link, untuk sementara waktu sampai proses perbaikan selesai,” jelasnya.

“Untuk sebagian wilayah di kecamatan Ibu karena sudah ada jaringan Telkomsel melalui Tower 72 M, maka program Tower BTS USO BAKTI 32 M tersebut tidak bisa di pasang, karena program ini yang diutamakan ialah wilayah yang sama sekali tidak memiliki sinyal atau blank spot,” sambung Ikram.

Ditambahkan, terkait jaringan yang tidak terakses 3G/4G di Kecamatan Ibu sudah dilaporkan ke pihak Telkomsel Wilayah Maluku Utara di Ternate untuk dapat di migrasi dari 2G ke 4G.(ms/all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!