DPRD Soroti Kelalaian PT Antam soal Upah Karyawan

MABA – Komisi II DPRD Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) menyoroti dugaan kelalaian PT Antam UPBN Buli terkait dengan upah dan masa kerja karyawan.

Bukti temuan kelalaian itu dikeluhkan salah satu karyawan kepada Komisi II. Karyawan yang enggan dipublis namanya ini mengungkapkan, PT Antam membayar upah kerja tidak sesuai dengan UMP dan masa kerja ditunda-tunda. Padahal sudah diatur dalam Undang Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003.

Menanggapi persoalan tersebut, Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Haltim, Bahmit Djafar mengatakan, didalam aturan jelas menyebutkan kontrak kerja itu dilakukan uji coba tiga bulan pertama, uji coba tiga bulan kedua dan selanjutnya itu sudah nenjadi karyawan permanen.

“Yang dialami salah satu karyawan ini ternyata sejak 2011 hingga sekarang ini hanya berdasarkan kontrak kerja,” ungkap Bahmit, ketika ditemui, Senin (27/1/2020)

Dikatakan, terkait keluhan ini Komisi II kemudian menindaklanjuti dan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Provinsi dan hasilnya menyebutkan keluhan itu nerupakan sebuah masalah. “Merke juga akui kalau ini masalah,” katanya.

Lanjut dia, masalah ini akan dibicarakan bersama maka Komisi II akan mengundang Dinas Nakertrans Provinsi Malut, Dinas Nakertrans Kabupaten Haltim dan PT Antam.

“Jadi pembahasannya cuma satu, soal pengupahan dan kontrak masa kerja dan ini berkaca ke salah satu yang dialami karyawan saat ini,” ujarnya.

Komisi II juga meminta kepada Dinas Nakertrans Provinsi untuk segera melakukan investigasi terkait masalah upah dan kontrak masa kerja. “Jadi kami akan sampaikan hal ini ke provinsi agar segera di investigasi,” pinta Bahmit.

Selain itu, kata Bahmit, masalah serupa juga terjadi pada PT Adhita. Dinas Nakertrans Provinsi Malut juga menyoroti bahwa sampai saat ini belum melunasi hak-hak karyawan.

“Besok kita agendakan pertemuan dengan perwakilan PT Adhita dan membahas hak-hak karyawan yang belum diselesaikan,” tandasnya mengakhiri.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jaringan Telekomunikasi di Sebagian Wilayah Halbar Tergangu, ini Penyebabnya

Sen Jan 27 , 2020
MABA – Komisi II DPRD Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) menyoroti dugaan kelalaian PT Antam UPBN Buli terkait dengan upah dan masa kerja karyawan. Bukti temuan kelalaian itu dikeluhkan salah satu karyawan kepada Komisi II. Karyawan yang enggan dipublis namanya ini mengungkapkan, PT Antam membayar upah kerja tidak sesuai dengan UMP […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!