Dua Penambang Emas Ilegal di Loloda Ditetapkan Tersangka

JAILOLO – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menetapkan dua orang tersangka penambang emas illegal yang beroperasi di kawasan hutan gunung Gogoroko, Desa Bakun Pante, Kecamatan Loloda.

Kedua tersangka itu masing-masing berinsial  RN (32) asal Desa Roko dan YK (41) asal Desa Tutuhu.

“Para penambang liar suda kita tetapkan tersangka setelah melaksanakan penertiban dan penyelidikan yang dipimpian langsung oleh Kasat Reskrim Iptu. Rasyid Usman  selaku komendan tim (Dantim) bersama 6 personel Polres Halbar,” ungkap Kapolres Halbar, AKBP Aditiya Laksimada kepada Malut Times, Sabtu (25/1/2020).

Kapolres menjelaskan, penetapan tersangka itu setelah team Polres Halbar ke lokasi tambang dan menemuakn 14 orang penambang liar.

“Jadi setelah diusut 14 orang itu telah ditemukan dua orang untuk ditetapkan sebagai tersangka dan saat ini telah diamankan di Polres Halbar beserta barang bukti,” jelasnya.

Lanjut Kapolres, barang bukti milik tersangka RN yang diamankan berupa, satu set tromol berisikan 10 tong tromol dan satu buah ganset mesin. Sedangkan tersangka YK polisi mengamankan barang bukti satu set tromol berisikan 8 tromol, satu buah ganset mesin Myanmar di lokasi penambangan.

“Untuk barang bukti yang diamankan lagi oleh Polres Halbar di lokasi berupa 1 buah tong tromol, 1 buah ganset mesin nyanmar, 1 buah brender, 1 buah kana, 2 buah hamar, 200 mili gram mas mentah, 1 kantong plastik material, 1/2 kg merkuri, 2 buah golong-golong dan 1 buah pisau,” terangnya.

Kapolres menegaskan, kedua tersangka ini dijerat dengan pasal 158 UU No 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara dengan ancaman pidana penjara maksimal 10 tahun dan denda maksimal 10 miliar.

“Kedua tersangka mulai hari ini 25 Januari 2020, resmi ditahan selama 20 hari kedepan guna kepentingan penyidikan,” tegasnya.

Kapolres menambahkan, penertiban dan penyelidikan ini pasca terbitnya maklumat bersama Muspida Kabupaten Halbar pada 10 Desember 2019 lalu dan telah dilakukan penghimbauan dan sosialisasi kepada masyarakat.(ms/all)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DPC Demokrat Haltim Buka Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati

Sen Jan 27 , 2020
JAILOLO – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menetapkan dua orang tersangka penambang emas illegal yang beroperasi di kawasan hutan gunung Gogoroko, Desa Bakun Pante, Kecamatan Loloda. Kedua tersangka itu masing-masing berinsial  RN (32) asal Desa Roko dan YK (41) asal Desa Tutuhu. “Para penambang liar suda kita tetapkan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!