Rabu, Oktober 27, 2021
Home > MALUT > Halmahera Barat > Pemda Halbar Polisikan Akun Facebook ‘Halmahera West Aifal’ yang Diduga Provokatif

Pemda Halbar Polisikan Akun Facebook ‘Halmahera West Aifal’ yang Diduga Provokatif

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) melaporkan pemilik akun media sosial facebook dengan username Halmahera West Aifal ke Kepolisian Resor (Polres) setempat.

Akun facebook tersebut dinilai memberikan komentar yang bersifat provokatif dan mengandung sara. Bahkan membuat postingan mencemarkan nama baik Bupati Halbar Danny Missy.

“Laporan sudah kita sampaikan ke pak Kapolres, sehingga tinggal menunggu tindak lanjut oleh pihak kepolisian,” ungkap Chuzaemah Djauhar, Kepala Dinas Kominfo, Kehumasan, Statistik dan Persandian Halbar, ketika dikonfirmasi usai melakukan koordinasi dengan Kapolres AKBP. Aditya Laksimada, Rabu (22/1/2020).

Kadis Kominfo Halbar yang akrab disama Emma ini mengemukakan, selama ini Pemda Halbar tidak melarang berkait kritikan yang disampaikan melalui akun facebook kalau bersifat rasional dan demi kemajuan daerah sebagai bagian terpenting di era demokrasi saat ini.

 

BACA JUGA: Kominfo Halbar Imbau Masyarakat Bijak Bermedsos

 

“Tapi kalau postingan yang bersifat sara dan mengadu domba antara sesama, maka itu sudah masuk tindakan kriminal, sehingga harus ditelusuri akun yang selalu membuat postingan adu domba itu,” tandasnya.

Emma berharap, pihak Polres Halbar bisa mengungkap pemilik akun yang sering membuat postingan berbau sara dan ujaran kebencian itu, sehingga ada efek jera bagi pengguna medsos yang lainnya.

“Semua kita serahkan ke pihak kepolisian, agar bisa ditindaklanjuti sesuai mekanisme hukum yang berlaku,” pungkasnya.

Terpisah, Kapolres Halbar AKBP. Aditya Laksimada menjelaskan, saat ini pihaknya belum memiliki alat untuk mendeteksi akun palsu. Namun dengan laporan yang disampaikan akan di koordinasikan dengan Polda Malut.

“Kasat Reskrim sudah koordinasi dengan Reskrim Polda, karena Polda sudah memiliki alat yang bisa mendeteksi akun palsu. Sehingga kita nantinya bersama Polda untuk menyeludupkan akun palsu yang sering membuat atau memposting isu sara,” tandasnya.(ms/all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!