Selasa, Oktober 26, 2021
Home > MALUT > Halmahera Barat > Warga Desa Bubane Dano Tuntut Bupati Copot Kades Seblum Babua

Warga Desa Bubane Dano Tuntut Bupati Copot Kades Seblum Babua

JAILOLO – Puluhan warga Desa Bobane Dano, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor bupati, Selasa (21/1/2020).

Warga yang datang itu meminta Bupati Halbar Danny Missy untuk mencopot Kades Seblum Babua yang diduga melakukan penyalahgunaan ADD dan DD Tahun 2017.

Koordinator Aksi, Noval Sabale, dalam orasinya menerangkan, representasi ADD dan DD adalah hal fundamentaI, kewajiban pemerintah membuka ruang demokrasi seluas-luasnya untuk masyarakat desa dan kota dalam mendapatkan hak yang sesunggunya.

Noval menyebutkan, sikap pemerintah Desa Bubane Dano saat ini bak preman yang sesekali menebar ancaman ketika warga mempertanyakan masalah ADD dan DD.

Ia juga menyebutkan, ada beberapa persoalan manipulasi dokumen yang dilakukan seperti dokumen ijazah, manipulasi tanda tangan yang dibuat secara sistematis oleh pemerintah desa dan telah melanggar UU Desa pasal 29 poin d.

Lanjut Noval, haI-hal yang belum terealisasi di Tahun Anggaran 2017 diantaranya, pengadaan perlengkapan Adat, pembuatan baker 2 unit dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) 3 unit, kaos tim olahraga untuk pemuda, pengadaan perlengkapan pertanian untuk kelompok tani dan nelayan (Bumdes), penguatan kelembagaan TP-PKK dengan anggaran 30 juta tidak diterima oleh PKK, namun semua itu termuat dalam RAB.

“Kami menuntut agar Kepala Desa Seblum Babua segera di berhentikan dan ‘diPenjarakan’. Tim inspektorat diharapakan secepatnya mengaudit Pemerintah Desa Bobane Dano,” pintanya.(ms/all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!