Rabu, Oktober 27, 2021
Home > MALUT > Halmahera Barat > Pemda Halbar Gratiskan Biaya Transportasi Pasien yang dirujuk ke Manado dan Ternate

Pemda Halbar Gratiskan Biaya Transportasi Pasien yang dirujuk ke Manado dan Ternate

JAILOLO – Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Halmahera Barat (Halbar). Dimana Pemda Halbar mulai menggratiskan dan menanggung biaya transportasi bagi setiap pasien yang dirujuk ke luar wilayah Halbar seperti Manado dan Ternate.

“Jadi ketika ada pasien yang di rujuk di Kota Manado menggunakan kapal dan di Kota Ternate menggunakan speedboat, maka tidak perlu berpikir biaya transpotasi, karena sudah digratiskan. Bahkan keluarga pasien dan perawat yang mendampingi juga biaya transportasinya digratiskan,” kata Danny Missy, Bupati Halbar  usai melakukan koordinasi dengan nahkoda KM Permata Obi di Pelabuhan Jailolo, Senin (20/1/2020).

Lanjut Danny, selain mempermudah aksebilitas masyarakat, dirinya juga telah berkoordinasi dengan pihak kapal, ketika ada jenazah yang hendak dibawa pulang ke Halbar agar biaya transportasinya digratiskan.

”Jadi bukan cuma orang sakit yang rujuk, bahkan orang yang meninggalpun saya sudah berkoordinasi dengan pihak kapal dan speed untuk menggratiskan biaya transportasinya,” terangnya.

Danny mengemukakan, untuk pelayanan transportasi laut terus digenjot oleh Pemda mengingat aktifitas penumpang dengan rute Ternate dan Manado semakin padat.

“Arus penumpang dari Jailolo menuju Kota Ternate dan Manado semakin padat. Olehnya itu pemerinta daerah saat ini tengah melakukan penambahan kapal. Armada kapal KM. Permata Obi yang nanti membantu KM Permata Bunda. Ini untuk mempermudah akses masyarakat, apalagi banyak anak-anak Halbar yang menempuh pendidikan di Kota Manado,” cetusnya.

Terpisah, Nahkoda KM Permata Obi, Minggus Tan saat dikonfirmasi wartawan memberakan adanya koordinasi dari Bupati Danny Missy sehingga bagi masyarakat yang sakit dan mau dirujuk ke Manado biayanya digratiskan.

”Pak bupati sudah sampaikan ke kami, jadi warga Halbar yang sakit dan mau rujuk ke Manado, maka biaya transportasinya digratiskan,” singkatnya.(ms/all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!