Rabu, Oktober 27, 2021
Home > MALUT > Halmahera Barat > Pemkab Halbar Rencanakan Tambah Anggaran Pembangunan Waterfront City

Pemkab Halbar Rencanakan Tambah Anggaran Pembangunan Waterfront City

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) berencana bakal mengajukan tambahan anggaran untuk pembangunan Waterfront City.

Pengajuan tambahan anggaran pengembangan kawasan wisata yang berlokasi di Desa Gufasa, Kecamatan Jailolo ini dipastikan melalui dokumen induk APBD Tahun 2020 sebesar Rp 4 miliar

“Pembangunan itu sebelumnya dianggarankan Rp 12 miliar dan rencananya diperubahan ada penambahan sebesar Rp 4 miliar dan akan ditindaklanjuti anggarannya pada APBD induk tahun 2021 nanti,” kata Soni Balatjai, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan pengembangan Daerah (BP3D) kepada wartawan, Sabtu (18/1/2020).

Olehnya itu, Soni berharap masyarakat dapat mendukung proses pembangunan penataan Kota Jailolo agar dapat menarik simpati pengunjung.

”Saya selaku kepala BP3D dan anak Jailolo memohon kepada masyarakat Jailolo dan Halbar secara umum serta stakeholder untuk dapat mendukung sepenuhnya pembangunan penataan Kota Jailolo, sehingga orang berkunjung ke jailolo, bisa melihat wajah Kota Jailolo yang lebih baik,” harapnya.

Berkait polemik penggusuran rumah warga yang berada di wilayah pembangunan Waterfront City, Soni menerangkan, “terkait penggusuran rumah yang belum dilaksanakan itu bukan alasan soal rumah itu peninggalan sejarah Banau, tapi belum ada kesepakatan antara Pemda dan warga atau pemilik rumah, sehingga sampai saat ini instansi bagian pemerintahan terus melakukan pendekataan secara kekeluargaan,” terangnya.

Mantan Kadikbud Halbar ini juga menepis tudingan sejumlah pihak yang mengklaim bahwa pembangunan Waterfront City belum ada perencanaan.

”Perencanaan waterfront city sudah ada, namun ditenderkan atau belum saya kurang tau, itu harus dilihat dokumennya di instansi terkait. Dokumen perencanaannya ada di PUPR. Jadi kalau pihak-pihak yang tidak tau tau anggaran tersebut itu merupakan hak dan kewenagan mereka,” pungkasnya mengakhiri.(ms/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!