Bappeda Halbar Gelar Rapat Evaluasi Program Bersama SKPD

JAILOLO – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menggelar rapat evaluasi program bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup pemda setempat, Selasa (07/01/2020) kemarin. Rapat ini juga dalam rangka menyusun Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) pada tahun anggaran 2019.

“Hasil evaluasi pada rapat ini akan menjadi data materi Bappeda untuk menyusun LPPD 2019 yang nantinya akan di kirim ke Kemendagri. Selain itu juga, materi ini akan dijadikan dasar Bappeda untuk membaca potensi pergerakan kegiatan yang disusun dalam Rancangan Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021,” ungkap Soni Balatjai, Kaban Bappeda Halbar, kepada wartawan usai rapat.

Menurutnya, evaluasi tersebut dilaksanakan setiap triwulan dan untuk tahun 2019 telah berahir pada, Selasa (07/01/2020) kemarin. “Setiap triwulan kita evaluasi. Jadi Triwulan I dan II kita suda selesaikan pada senin kemarin, dan selasa ini kita laksanakan triwulan III dan IV, tapi sudah selesai dan hasilnya baik semua,” ujar Soni.

Mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Halbar ini mengemukakan, kegiatan yang dilaksanakan secara rutin disetiap awal tahun itu untuk membahas tentang realisasi anggaran maupun indikator program dan kegiatan pada masing masing SKPD.

“Pertama, kita melihat evaluasi singkronisasi tentang Rencana Kerja Daerah dengan APBD. Kedua, apakah program itu menjawab indikator atau tidak dan setiap triwulan harus di evaluasi,” cetusnya.

Lanjutnya, rata-rata hasil evaluasi SKPD di atas 78% bahkan ada yang paling tinggi dicapai seperti Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) dan ketahanan pangan (Ketbang).

“Dua SKPD ini 100% programnya terealisasi, ada yang tertinggi dan ada juga yang paling rendah 50%. Jadi yang kita dilihat disini adalah realisasi programnya, karena nanti akan menjawab indikator atau tidak,” ungkapnya lagi.

Soni menambahkan, terlebih khusus dalam rapat itu membahas mentuntaskan generasi yang putus sekolah, menurunkan tingkat kajahatan yang terjadi pada anak dan perempuan di Halmahera Barat serta mentuntaskan angka kemiskinan di tahun 2020 dan 2021 mendatang.

” Semua data-data itu akan dimuat dalam LPPD, kemudian diinput pada sistem informasi pembangunan daerah untuk ditindaklanjuti ke Kemendagri,” pungkasnya mengakhiri.(all/red)

Idhar AL

Reporter Kab. Halmahera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Awal Tahun 2020, Sejumlah Pejabat Polres Halbar Berganti

Sab Jan 11 , 2020
JAILOLO – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menggelar rapat evaluasi program bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup pemda setempat, Selasa (07/01/2020) kemarin. Rapat ini juga dalam rangka menyusun Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) pada tahun anggaran 2019. “Hasil evaluasi pada rapat ini akan menjadi data […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!