Wakapolres Halbar Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Kie Raha 2019

JAILOLO – Wakapolres Halmahera Barat (Halbar) Kompol. Angga Heldiansyah memimpin apel gelar pasukan untuk pelaksanaan Operasi Lilin Kie Raha 2019. Upacara yang berlangsung di lapangan Mapolres Halbar, Desa Hoku-Hoku Kie, Kecamatan Jailolo, Kamis (19/12/2019) itu dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan Kompol. Angga Heldiansyah mengatakan, apel gelar pasukan digelar secara serentak di seluruh jajaran Polres se-Indonesia dengan tujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan dan keamanan masyarakat dalam merayakan hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Operasi lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari dari tanggal 23 Desember 2019 – 01 Januari 2020. Fokus pengamanan adalah 61.308 objek di seluruh Indonesia, gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara,” kata Wakapolres Halbar meneruskan amanat Kapolri.

Lanjutnya, pelaksanaan operasi ini melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan terdiri dari 121.358 personel Polri, 17.190 pesonel TNI dan 55.259 personel yang berasal dari instansi terkait satuan polisi pamong praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, pemadam kebakaran, linmas Senkom dan instansi lainnya.

“Kekuatan personel ini akan ditempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan dan 745 titik pos terpadu. Strategi diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan pre-emtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen berupa deteksi dini dan deteksi aksi serta penegakan hukum secara tegas dan proposional,” jelasnya.

Ia menambahkan, berdasarkan prediksi intelejen terdapat 12 potensi kerawanan yang harus diantisipasi yaitu aksi terorisme, kejahatan, kontroversional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial, tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, pesta narkoba dan minuman keras.

“Berkaitan dengan hal tersebut seluruh kasatwil harus dapat bersinergi dan stakeholder terkait untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang dapat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah,” tutupnya.

Untuk sekedar diketahui, gelar apel pasukan Polres Halbar ini bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakapolres Halbar Kompol. Angga Heldiansyah S.I.K, Perwira Apel Kabag Ops Polres Halbar AKP. Karim A. Bombay, Komandan Apel Kasat Sabhara Polres Halbar AKP. Paulus Trimaresa, dan peserta Apel, 1 Regu PJU Polres Halbar, 1 SSK Yonif R/K 732 Banau, 1 Platon Sat Sabhara Polres Halbar, 1 Platon Gabungan STaf Polres Halbar, 1 Peleton Sat Lantas polres Halbar, 1 Peleton Res Intel Reskrim, 1 Peleton KPLP, 1 Peleton BNPBD Halbar, 1 Peleton Gabungan Satpol PP /Damkar, 1 Peleton Dishub dan Tamu undangan yang Hadir kurang lebih 200 orang.(all/red)

Idhar AL

Reporter Kab. Halmahera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Apdesi Minta Bupati Danny Missy Sikapi Masalah Pencairan DD Tiga Desa ini

Kam Des 19 , 2019
JAILOLO – Wakapolres Halmahera Barat (Halbar) Kompol. Angga Heldiansyah memimpin apel gelar pasukan untuk pelaksanaan Operasi Lilin Kie Raha 2019. Upacara yang berlangsung di lapangan Mapolres Halbar, Desa Hoku-Hoku Kie, Kecamatan Jailolo, Kamis (19/12/2019) itu dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Dalam amanat Kapolri yang dibacakan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!