Dinkes Klaim Halbar Bebas Wabah Malaria

JAILOLO – Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) tercatat selama dua tahun terakhir yakni dari tahun 2017 – 2018 bebas dari wabah penyakit malaria.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Halbar Rosfintje Kalengit, saat dikonfirmasi wartawan diruang kerjanya, Rabu (30/01/2019).

“Jadi selama tahun 2017 tidak tercover adanya gejala penyakit malaria dan demam derdarah dengue (DBD) di Halbar, dan di tahun 2018 lalu, terdapat satu dua pesien yang terjangkit namun sudah diatasi oleh pihak puskesmas dan RSUD Jailolo,” ungkapnya.

Lanjut Rosfintje, gejala penyakit malaria dan DBD juga tergantung pada perilaku dari orang itu sendiri, bila perilakunya hidup bersih otomatis akan terhindar dari penyakitnya ini.

“Dan untuk menghindari atau mengurangi wabah malaria dan DBD, pihaknya melalui puskesmas terdekat terus melakukan penyuluhan terkait perilaku hidup bersih dan sehat,” jelas Rosfintje.

Mantan Kepala BKKBN Halbar ini juga mengakui, selain melakukan penyuluhan pihaknya juga melakukan pembagian kelambu kepada masyarakat.

“Saya berharap kepada masyarakat secepatnya melaporkan kepada bidan desa setempat, bila terdapat keluarga yang terjangkit atau terkena wabah malaria sehingga dapat ditangani,” ujar Rosfintje.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat Halbar agar mewaspadai wabah malaria, apalagi saat ini memasuki musim penghujan.

“Maka diharapkan dapat mengedepankan kebersihan lingkungan dengan cara 3 M, menutup tempat air, menguburkan barang  bekas  dan dan membersihkan lingkungan. Sebab nyamuk malaria berkembang biak di air yang bersih,” pintanya.(hgn/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Awal Februari, Bawaslu Halbar Bentuk PTPS

Rab Jan 30 , 2019
JAILOLO – Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) tercatat selama dua tahun terakhir yakni dari tahun 2017 – 2018 bebas dari wabah penyakit malaria. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Halbar Rosfintje Kalengit, saat dikonfirmasi wartawan diruang kerjanya, Rabu (30/01/2019). “Jadi selama tahun 2017 tidak tercover adanya gejala penyakit malaria […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!