Diterjang Longsor, 9 Rumah di Loloda Rusak Parah

JAILOLO – Sebanyak 9 unit rumah warga di Desa Tolofuo, Kecamatan Loloda, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, porak-poranda akibat diterjang longsor, Minggu (27/01/2019).

Musibah longsornya tebing di sekitar pemukiman warga itu terjadi sekitar pukul 20.30 WIT. Warga menduga, longsoran terjadi akibat hujan deras disertai angin yang telah sehari penuh mengguyur wilayah Halmahera Barat.

Harmin Muksin salah satu warga Tolofuo menyebutkan, dalam musibah tersebut tidak menyebabkan korban jiwa namun kerugian material dari 9 rumah yang rusak ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Tidak adanya korban jiwa dalam musibah ini, kata Harmin, dikarenakan warga sudah lebih dulu siaga begitu melihat kondisi tebing yang mulai rawan longsor.

“Saat ini, sebanyak sebelas kepala keluarga terpaksa diungsikan ke rumah tetangga yang berada di lokasi yang lebih aman,” jelas Harmin.

Atas musibah yang menimpa warga Tolofuo ini, Harmin dan warga lainnya berharap agar dapat segera ditanggulangi oleh pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Barat.

“Kita sudah hubungi BPBD, namun saat dihubungi para petugas mengakui belum bisa bisa ke lokasi kejadian, karena cuaca laut kurang bersahabat,” kata Harmin.

Terpisah Kepala BPBD Halmahera Barat, Imran Loloda mengatakan, ada petugasnya yang memang bertugas di Loloda telah turun ke lokasi, namun back up petugas tambahan dari Jailolo belum dapat dikerahkan. “Petugas dari Jailolo belum bisa merapat karena faktor cuaca,” timpal Imran.

Untuk diketahui, sebanyak 9 unit rumah warga yang rusak dalam musibah longsor ini berdasarkan data yang dirangkum Malut Times diantaranya milik Jabar Hadadi, Kalbi Robo, Tamrin Momole, Talip Momole, Hayan Rikun, Dero musung,  Absiran Arsad, Biskotu Sabtu dan Hamid Toko.(hgn/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tahun 2019, Kuota JCH Taliabu 38 Orang

Sel Jan 29 , 2019
JAILOLO – Sebanyak 9 unit rumah warga di Desa Tolofuo, Kecamatan Loloda, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, porak-poranda akibat diterjang longsor, Minggu (27/01/2019). Musibah longsornya tebing di sekitar pemukiman warga itu terjadi sekitar pukul 20.30 WIT. Warga menduga, longsoran terjadi akibat hujan deras disertai angin yang telah sehari penuh mengguyur […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!