Lagi, Polda Malut Ringkus Sindikat Curanmor

TERNATE – Ditreskrimum Polda Maluku Utara (Malut) melalui Unit Resmob berhasil meringkus sindikat curanmor yang biasa beroperasi di wilayah Kota Ternate. Tiga orang tersangka beserta 6 unit sepeda motor hasil curian berhasil diamankan petugas kepolisian.

Satu pelaku sempat melakukan perlawanan dengan golok saat ditangkap. Namun aksi pelaku itu berhasil diredam oleh tim Unit Resmob Polda Malut dengan tembakan peringatan.

“Tidak kurang dari kurun waktu 1×24 jam kami berhasil menangkap dua pelaku curanmor hasil pengembangan dari satu pelaku dan barang bukti yang berhasil diamankan oleh Ditsamapta Polda Malut pada Senin 21 Januari 2019 kemarin,” ujar Panit I Subdit III Jatanras Polda Malut, Ipda Sofyan Torid, Rabu (23/01/2019).

LIHAT JUGA: Polisi Tangkap Pelaku Curanmor di Ternate

Menurut Sofyan, ketiga pelaku curanmor yang berhasil ditangkap yaitu, VJ alias Vijai (21), HR alias Herman dan MU alias Usman.

“Ketiga pelaku ini ditangkap di loksai yang berbeda. Vijai diamankan di Kelurahan Akehuda, Herman di Kelurahan Siko dan Usman di Kelurahan Akehuda Kompleks Daulasi,” katanya.

Sofyan menjelaskan, modus operandi yang dilakukan ketiga pelaku dalam melancarkan aksi mereka atas dari jam 11 malam. “Mereka menghidupkan motor itu dengan cara membongkar kemudian ada beberapa alat motor kabelnya diputus kemudian disampung kembali dan dibawa ke Akehuda. Jadi mereka tidak bergerak sendiri-sendiri. Sasaran mereka ini rata-rata di pemukiman dan kos-kosan,” jelasnya.

Selain 6 unit motor, barang bukti lain yang berhasil diamankan diantaranya, pilox, DG motor, golok, pisau dan sejumlah alat motor.

“Jadi motor yang berhasil di curi rata-rata sudah dirubah warnanya termasuk juga plat nomor dirubah. Di kos-kosan tempat mereka menaruh motor curian itu kami temukan ada beberapa alat motor yang sudah ditukar,” timpal Sofyan.

“Sementara ini barang bukti motor yang kita amankan ada 6 unit. Ada juga beberapa yang sudah dijual ke luar Ternate, seperti di Kayoa dan Ganebarat. “Hasil pemeriksaan awal ini mereka melakukan aksi ini sudah tiga bulan di wilayah Kota Ternate.” sambungnya.

Sofyan memastikan pihaknya terus melakukan pengembangan kasus curanmor ini sebab tak menutup kemungkinan sindikat tersebut bisa lebih dari tig orang. ”Atas arahan pak Dirkrimum babuk yang sudah dijual ke luar wilayah akan kami telusuri dan akan kami sita kembali.,” tandasnya.

Atas nama Direktur Kriminal Umum Polda Malut, Sofyan menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan yang merasa kehilangan motor atau kenderaan agar segera menghubungi Subdit III Jatanras melalui Unit Resmob.

“Kepada para pelaku ini pasal yang disangkakan yakni Pasal 363 tentang Pencurian dengan Pemberatan Jo Pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” tegasnya.(zm/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemilu 2019, Wabup Kepsul : ASN Jangan Terlibat Politik

Kam Jan 24 , 2019
TERNATE – Ditreskrimum Polda Maluku Utara (Malut) melalui Unit Resmob berhasil meringkus sindikat curanmor yang biasa beroperasi di wilayah Kota Ternate. Tiga orang tersangka beserta 6 unit sepeda motor hasil curian berhasil diamankan petugas kepolisian. Satu pelaku sempat melakukan perlawanan dengan golok saat ditangkap. Namun aksi pelaku itu berhasil diredam […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!