Temui Presiden Jokowi, Empat Bupati di Malut Minta Jatah Infrastruktur

JAKARTA – Empat bupati dari Provinsi Maluku Utara (Malut) menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/01/2019).

Keempat Bupati ini diantaranya Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes, Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus, Bupati Pulau Morotai, Benny Laos dan Bupati Halmahera Utara, Frans Manery. Keempat kepala daerah ini meminta Presiden melakukan pembangunan infrastruktur di daerahnya.

Dilansir dari Kompas.com, sejumlah infrastruktur yang dinilai mendesak untuk dibangun di antaranya adalah Bandar Udara Taliabu, pelabuhan antarpulau, dan jalan lingkar pulau untuk masing-masing kabupaten kepulauan.

LIHAT JUGA: Jelang Pemilu, Kapolda dan Wakapolda Malut dimutasi

“Usulan kami terutama masalah bandara, pembangunan pelabuhan, jalan lingkar, dan industri sentra kelapa, dan cengkeh,” kata Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus kepada wartawan usai bertemu Jokowi.

Wilayah Maluku Utara memang dikenal sebagai penghasil komoditas cengkeh.

Aliong mengatakan, di Pulau Taliabu saja menghasilkan 5.000 ton cengkeh per tahun, belum termasuk jumlah yang diproduksi di kabupaten lainnya.

Ia melihat, perlu adanya pengembangan industri cengkeh secara terpadu untuk mengoptimalkan produksi.

“Selain cengkeh, industri yang dikembangkan adalah kelapa,” kata Aliong.

Presiden Jokowi, lanjut Aliong, menanggapi positif seluruh usulan yang diajukan para kepala daerah.

Bahkan, Aliong menyebut bahwa Presiden bersedia melakukan kunjungan kerja ke Malut pada tahun 2019 ini.

Rencananya, usulan-usulan pembangunan infrastruktur senilai lebih dari Rp 1 triliun ini akan dimasukkan ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2019, dan sebagian besar lainnya akan diusulkan di APBD 2020.

“Khusus di Taliabu, pembangunannya senilai Rp 500 miliar,” kata Aliong.

Aliong mengatakan, sebagai daerah pemekaran yang baru berdiri sekitar 5 tahun, pembangunan infrastruktur yang didukung pemerintah pusat sangat dibutuhkan.

Salah satu yang perlu dibangun segera selain bandara adalah jalan lingkar pulau sepanjang 300 kilometer yang mengeliling Pulau Taliabu.(red/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tolak Pelantikan Kades, Warga Tabadamai Rusaki Kantor Desa

Sel Jan 22 , 2019
JAKARTA – Empat bupati dari Provinsi Maluku Utara (Malut) menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/01/2019). Keempat Bupati ini diantaranya Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes, Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus, Bupati Pulau Morotai, Benny Laos dan Bupati Halmahera Utara, Frans Manery. Keempat kepala daerah ini meminta Presiden melakukan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!