Bawaslu Halbar Gelar Rakor Penguatan Internal

JAILOLO – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama seluruh Panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Halbar, Selasa (22/01/2019).

Rakor yang berlangsung di Ballroom Hotel d’Hoek Jailolo ini dalam rangka penguatan internal penyelengara pengawasan Pemilu 2019, baik Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg).

Selain internal Bawaslu Halbar dan jajaran Panwascam hadir pula Koordinator Devisi (Kordiv) Penangganan Pelanggaran Bawaslu Maluku Utara (Malut) Aslan Hasan, Kordiv Tehnik KPU Halbar, Iwan H Kader, serta Kordiv SDM KPU Halbar Apner Saban.

LIHAT JUGA: Jelang Pemilu, Kapolda dan Wakapolda Malut dimutasi

Ketua Panitia Rakor, Fergy J. Wenur dalam laporannya mengatakan, kegiatan rakor tersebut merupakan langkah penguatan internal terkait hal teknis pengawasan pemilu khususnya ditingkat kecamatan.

“Ini sebagaimana telah diamanatkan dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu yang bersih, sehingga terwujudnya Pemilu 2019 yang bermartabat yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April mendatang,” ujar Fergy.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Bawaslu Halbar Alwi Ahmad melalui sambutannya yang sekaligus membuka rakor, mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti setiap kegiatan seperti ini yang dilaksanakan oleh jenjang diatasnya.

“Setiap materi yang diberikan dapat lebih ditingkatkan sekaligus disosialisasikan ke jenjang dibawah, juga sering berkoordinasi dengan jenjang diatasnya bila terdapat kendala dilapangan,” pinta Alwi.

Sementara itu, Devisi Penangganan Pelanggaran Bawaslu Malut Aslan, dalam arahannya mengatakan, tujuan kegiatan yang dilaksanakan ini untuk penguatan kelembagaan secara berjenjang.

“Kegiatan ini dilakukan guna memboboti kapasitas dan kemampuan seluruh elemen pengawasan secara berjenjang dalam menjalankan tugas – tugas pengawasan itu sendiri,” katanya.

Usai penyampaian sambutan, kegiatan rakor dilanjutkan dengan diskusi dengan berbagai materi dan narasumbernya. Diantaranya terkait mekanisme kajian laporan dibawakan langsung oleh Kordiv HPP Aknosius Datang, pengawasan Pemilu 2019 dibawakan oleh Kordiv PHL Muhammadun H. Adam, prosedur pemungutan dan perhitungan suara oleh Devisi Tehnik Iwan Kader dan materi kampanye dan sistem pengawasan APK oleh Devisi SDA KPU Halbar Apner Saban.(hgn/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Temui Presiden Jokowi, Empat Bupati di Malut Minta Jatah Infrastruktur

Sel Jan 22 , 2019
JAILOLO – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama seluruh Panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Halbar, Selasa (22/01/2019). Rakor yang berlangsung di Ballroom Hotel d’Hoek Jailolo ini dalam rangka penguatan internal penyelengara pengawasan Pemilu 2019, baik Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!