Cakades Kalah Dilantik, Warga Tosomolo Geruduk Kantor Bupati Halbar

JAILOLO – Puluhan warga dari Desa Tosomolo, Kecamatan Loloda, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melakukan unjukrasa di depan Kantor Bupati Halbar, Senin (21/01/2019).

Kedatangan puluhan warga ini untuk mendesak Bupati Halbar, Danny Missy membatalkan pelantikan Kepala Desa (Kades) Tosomolo Agustinus Simus.

Salah seorang tokoh masyarakat Tosomolo, Labang Punana menyatakan, Agustinus Simus pada kenyataannya adalah Calon Kepala Desa (Cakades) nomor urut 3, yang kalah pada saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tosomolo.

LIGAT JUGA: Jelang Pemilu, Kapolda dan Wakapolda Malut dimutasi

Dijelaskan, dari tiga Cakades Tosomolo, Agustinus hanya memperoleh 50 suara, sedangkan Cakades nomor urut satu, yakni Daniel Tahe memperoleh 51 suara. Dari hasil ini harusnya Daniel Tahe yang memenangkan Pilkades dengan selisih 1 suara.

“Karena ketidakadilan inilah, kami mendatangi kantor Bupati untuk mempertanyakannya, tapi tidak ada jawaban yang pasti sehingga kami menduduki kantor Bupati,” ungkapnya Labang.

Aspirasi yang sama juga disuarakan oleh Aprikanus Punana yang tak lain adalah Cakades nomor urut dua pada Pilkades Tosomolo.

Ditengah masa aksi, Aprikanus mendesak agar pemerintah daerah memberikan keadilan kepada masyarakat dengan membatalkan pelantikan Kades Agustinus kemudian melantik Cakades Tosomolo yang menang Pilkades yakni Daniel Tahe.

“Jadi harapan kami Pemkab Halbar harus bersikap adil dan melantik sesuai dengan hasil yang ditetapkan oleh panitia desa, bukan hasil setelah take offer ke kecamatan itu,” tegas Aprikanus.

Amatan Malut Times, puluhan warga yang mencari keadilan tersebut selain menduduki kantor Bupati Halbar warga juga membawa perbekalan makanan.(hgn/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kejari Halbar Musnahkan Babuk Narkoba

Sen Jan 21 , 2019
JAILOLO – Puluhan warga dari Desa Tosomolo, Kecamatan Loloda, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melakukan unjukrasa di depan Kantor Bupati Halbar, Senin (21/01/2019). Kedatangan puluhan warga ini untuk mendesak Bupati Halbar, Danny Missy membatalkan pelantikan Kepala Desa (Kades) Tosomolo Agustinus Simus. Salah seorang tokoh masyarakat Tosomolo, Labang Punana menyatakan, Agustinus Simus […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!