Defisit Daya 650 kW Sebabkan Krisis Listrik di Sanana

SANANA – Pemadaman listrik secara bergilir yang terjadi di Kota Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) disebabkan oleh terjadinya defisit daya dari mesin pembangkit listrik milik PT. PLN Rayon Sanana.

Kepala PLN Rayon Sanana, Yodhi Ayohdya Wiwaha menuturkan, pihaknya memiliki 5 unit mesin pembangkit dengan kapasitas daya seluruhnya yakni 3.750 kW. Hanya saja, 2 dari 5 unit mesin tersebut mengalami gangguan hingga ketersediaan daya hanya tersisa sebanyak 2.250 kW.

“Sedangkan beban puncak Sanana kalo malam dikisaran 2.900 kW makannya kota defisit 650 kW. Jadi kita lakukan pemadaman bergilir,” ungkap Yodhi kepada Malut Times, Minggu (20/01/2019).

Mesin PLN Sanana yang alami kerusakan.

 

Lanjut Yodhi, pihaknya memang sering mendapat keluhan dari warga, kaitan dengan pemadaman listrik yang tidak sesuai jadwal. Pemadaman listrik yang tidak beraturan itu kata Yodhi disebabkan oleh gangguan jaringan.

“Kalo diluar rencana pemadaman berarti ada gangguan jaringan,” katanya seraya berharap warga bisa bersabar.

Sementara itu, krisis listrik yang terjadi di Kota Sanana menuai protes warga. Warga menilai pelayanan listrik di Kota Sanana jauh dari harapan. Terlebih lagi pemadaman listrik sudah berlangsung berbulan-bulan.

“Lampu mati (padam) bergiliran ini mulai dari 2018 dari bulan 9 sampai dengan bulan Januari 2019. Seharusnya kepala PLN usahakan pengadaan mesin baru atau meminta ke pemda untuk mencari solusi terkait permasalahan ini,” keluh Piter (57) warga Desa Falahu.

Protes yang sama juga disuarakan oleh Ketua GMNI Kabupaten Kepsul, Riswan Abas. Dia meminta agar masalah krisis listrik ini tidak didiamkan oleh stakeholder terkait.

“Kami masyarakat sula tidak mampu lagi mengeluh soal padamnya lampu ini. Olehnya itu masalah harus segera diseriusi,” tegas Riswan.(ano/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kades Campaka Diduga Mark Up Anggaran MCK

Sen Jan 21 , 2019
SANANA – Pemadaman listrik secara bergilir yang terjadi di Kota Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) disebabkan oleh terjadinya defisit daya dari mesin pembangkit listrik milik PT. PLN Rayon Sanana. Kepala PLN Rayon Sanana, Yodhi Ayohdya Wiwaha menuturkan, pihaknya memiliki 5 unit mesin pembangkit dengan kapasitas daya seluruhnya yakni 3.750 kW. […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!