Proyek Drainase Senilai Rp 5,8 Miliar dipalang Warga Fogi

SANANA – Proyek pembangunan saluran drainase senilai Rp 5,8 miliar di Desa Fogi, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menuai protes hingga aksi pemalangan dari warga setempat.

Pasalnya, proyek APBN Tahun Anggaran 2018 yang dikerjakan PT. Intimkara itu dinilai tidak tepat sasaran dan amburadul. Akibatnya, saat musim penghujan, air meluap ke badan jalan hingga menyebabkan banjir.

Ratib Umasugi (36) salah seorang warga Desa Fogi mengatakan, warga khawatir jika drainase tersebut tidak segera diperbaiki dan berfungsi sebagaimana mestinya maka ancaman banjir tidak dapat terhindari.

LIHAT JUGA: Talud Penahan Ombak di Desa Falahu, Ambruk 

“Saat hujan turun, air tidak mengalir malah meluap tidak masuk ke saluran drainase yang ada. Kondisi yang kita lihat saat ini air berjalan tidak sesuai yang kita harapkan, makanya pekerjaan ini kami (warga) pending sementara, untuk dicarikan solusi yang baik,” ujar Ratib ditemui Malut Times, Selasa (15/01/2019).

Luapan air di sekitar proyek drainase di Desa Fogi, Kecamatan Sanana saat hujan 15 Januari 2019.

 

Terpisah, pengawas proyek drainase Fahrisal ST, MT tak berkomentar banyak terkait masalah proyek tersebut.

“Proyek itu sudah tiga kali adendum, lalu baru dikerjakan sekarang, kemudian pekerjaan dipending. Ini akan saya koordinasi lagi ke yang diatas atau pimpinan,” singkat Fahrisal.

Sementara itu, masalah proyek drainase ini juga disoroti oleh praktisi hukum dari YKA-BH Kabupaten Kepsul, Syahdi Syahri, SH, MH.

Syahdi mengatakan, harusnya pembangunan drainase dengan anggaran miliyaran rupiah itu menjadi solusi mengatasi banjir bukan sebaliknya.

“Harapan kami kepada pihak pemerintah daerah, pihak kontraktor dan pihak terkait dapat memperhatikan persoalan ini,” harapnya singkat.(ano/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Korem 152/Babullah Canangkan Zona Integritas Bebas Korupsi

Kam Jan 17 , 2019
SANANA – Proyek pembangunan saluran drainase senilai Rp 5,8 miliar di Desa Fogi, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menuai protes hingga aksi pemalangan dari warga setempat. Pasalnya, proyek APBN Tahun Anggaran 2018 yang dikerjakan PT. Intimkara itu dinilai tidak tepat sasaran dan amburadul. Akibatnya, saat musim penghujan, air meluap […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!